TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasrem 022/PT buka Latihan Geladi Posko I Yonif 126/KC

By 20 Sep 2012 02:19Kodam I/Bukit Barisan
images_img_Kodam1_buka-latihan-gladi-posko-i-

Bertempat di Lapangan Apel Makoyonif 126/KC Kec. Bunut Kisaran, Kasrem 022/PT Letkol Arm Anton Irianto Popang, SH, mewakili Danrem 022/PT bertindak selaku Inspektur Upacara membuka secara resmi Latihan Geladi Posko I Batalyon Infanteri 126/KC yang ditandai dengan penyematan tanda peserta pelatihan kepada perwakilan pada Senin pagi (17/09).

Danrem 022/PT Kolonel Inf Restu Widiyantoro, MDA dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasrem 022/PT mengatakan, latihan ini berguna untuk menilai tingkat kemampuan  satuan bila dihadapkan dengan kemungkinan terjadinya ancaman, gangguan, khususnya dari separatis bersenjata di wilayah ini. Guna memelihara kesiapan itu, secara institusional kegiatan latihan ini merupakan upaya nyata, dalam rangka mempersiapkan diri maupun satuan untuk menjawab setiap tantangan tugas.  Namun kita harus yakin bahwa tugas tersebut akan dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya, apabila kita menyadari secara sungguh-sungguh bahwa latihan adalah suatu kebutuhan pokok bagi setiap prajurit, tegas Kasrem.   

Menurut Kasrem, tantangan tugas yang dihadapi dari waktu ke waktu, tidak semakin ringan, maka sudah selayaknya kita senantiasa melakukan evaluasi pada tingkat kesiapan yang kita miliki untuk kemampuan satuan tempur Yonif 126/KC ke depan.  Berbagai upaya harus terus dilakukan untuk meningkatkan kapasitas profesionalisme prajurit.  Dengan demikian melalui  Geladi Posko I Batalyon Infanteri 126/KC ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan suatu operasi yang akhirnya dapat mendukung tugas pokok Batalyon Infanteri 126/KC,  khususnya dalam mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti yang tertuang dalam tema latihan kali ini yaitu “Batalyon Infanteri Jajaran Kodam I/BB melaksanakan operasi lawan insurjensi di wilayah dalam rangka mengatasi separatis bersenjata”, tegas Kasrem.

Diakhir amanatnya Danrem 022/PT, meminta kepada seluruh peserta maupun penilai dan pengendali, agar melaksanakan latihan Geladi Posko I  ini dengan sungguh-sungguh sesuai dengan perencanaan yang telah ditentukan dan setiap kendala maupun kekurangan yang ditemui, jangan dijadikan alasan untuk tidak melakukan latihan dengan baik.  Lakukan inovasi yang cerdas guna mengoptimalkan pelaksanaan latihan, agar mencapai sasaran yang telah ditentukan, sehingga dapat merespon dan menyelesaikan berbagai persoalan dengan mengambil keputusan secara cepat dan tepat.  

Sementara itu, Kapenrem 022/PT Mayor Caj Drs. Prinaldi mengatakan, tujuan geladi ini, memelihara dan meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf  Yonif 126/KC dalam melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan Kodalops (Komando pengendalian operasi) dalam rangka mengatasi separatis bersenjata,  memahami dan mampu melaksanakan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi, komando dan pengendalian operasi, serta mampu melaksanakan pengambilan keputusan Komandan dengan cepat dan tepat dalam menghadapi persoalan taktis. Sedangkan materi geladi posko I Yonif 126/KC ini meliputi analisa tugas pokok, petunjuk perencanaan, perkiraan keadaan, keputusan dan konsep umum operasi, rencana operasi, perintah operasi serta perkiraan cepat. Geladi ini dilaksanakan selama tiga hari, dimulai Senin tanggal 17 Sept dan ditutup tanggal 19 Sept 2012, kemudian akan dilanjutkan lagi dengan latihan geladi posko II.

Turut hadir dalam Upacara Pembukaan Geladi Posko I Yonif 126/KC ini antara lain Dandim 0208/Asahan, Dandim 0209/LB, Danyonif 126/KC, Para Kasatdisjan jajaran Korem 022/PT, Pabung Dim 0207/Sml dan Kapenrem 022/PT. (Penrem 022/ Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasrem 022/PT buka Latihan Geladi Posko I Yonif 126/KC