TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Ketaatan dan Disiplin Dalam Kehidupan dan Kedinasan

By 04 Sep 2012 01:10Kodam II/Sriwijaya
images_img_Kodam2_upacara-awal-bulan-sep2012

Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syahiding yang diwakili Irdam II/Swj selaku Irup pada upacara bendera Senin bulan Agustus yang diikuti oleh para Pa Ahli Pangdam II/Swj, para LO AU, LO AL,, seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil TNI Makodam II/Swj dan perwakilan dari masing-masing Balakdam II/Swj, Senin (3/9), bertempat di Lapangan Apel Makodam II/Swj.

Saat ini kita masih berada di bulan Syawal,  oleh karena itu pada kesempatan yang baik ini kepada segenap warga Kodam II/Swj, saya atas nama pribadi dan selaku Kepala Staf Kodam  II/Swj, menyampaikan ucapan : Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Mohon Maaf Lahir dan Batin. Semoga semua amal ibadah kita di bulan Ramadhan yang lalu diterima oleh Allah SWT dan kita semua kembali menjadi manusia yang fitrah.

Sebagai prajurit dan PNS Kodam II/Swj, makna yang dapat kita petik dari pelaksanaan ibadah Ramadhan dan perayaan Idul Fitri adalah adanya ketaatan dan kedisiplinan dalam menjalankan ibadah. Ketaatan dan kedisiplinan ini dapat kita implementasikan dalam kehidupan kedinasan untuk senantiasa mematuhi segala aturan yang berlaku dalam kehidupan kemiliteran. Makna lain yang dapat kita petik dari perayaan Idul Fitri adalah nuansa silaturahmi, karena dengan bersilaturahmi, akan menumbuhkan rasa kebersamaan, soliditas dan kekompakan diantara sesama prajurit dan PNS Kodam II/Swj. Dengan mengambil hikmah Idul Fitri, hendaknya kita kembali ke jati diri kita sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia dengan menampilkan etos kerja dan semangat pengabdian yang tinggi serta senantiasa setia menepati janji dan sumpah sebagai abdi negara. Apa yang kita perbuat hari ini, harus lebih baik dari hari kemarin dan apa yang kita perbuat hari esok, harus lebih baik dari hari ini, ujar Kasdam.

Selanjutnya Kasdam juga memberikan arahan untuk dipedomani dalam pelaksanaan tugas ke  depan. Di bidang Inspektorat, diinformasikan  bahwa Tim Wasrik Itjenad akan melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan ke satuan jajaran Kodam II/Swj pada bulan Oktober 2012. Untuk itu kepada para Dan/Ka Satbalak jajaran maupun Staf Kodam II/Swj agar mempersiapkan satuannya dengan baik, mengecek kembali rencana dan laporan pelaksanaan program kerja serta administrasi satuan, khususnya administrasi pertanggungjawaban keuangan yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja TA. 2011 dan TA. 2012, sehingga tidak ada temuan berulang. Kepada para Dan/Ka Satbalak jajaran maupun Staf Kodam II/Swj. Dari beberapa kejadian, maka pada kesempatan ini ditekankan ulang kepada seluruh  prajurit dan PNS Kodam II/Swj untuk selalu menghindari terjadinya bentrokan antar TNI dengan TNI, TNI dengan Polri dan TNI dengan Masyarakat, baik langsung maupun tidak langsung yang hanya akan mengakibatkan kerugian baik personel maupun materiil serta mencoreng citra TNI dimata masyarakat. Dalam bidang operasi, agar masing-masing Dansat jajaran Kodam II/Swj mengingatkan kembali kepada seluruh anggotanya tentang peraturan Tata Upacara Militer (TUM) TNI, khususnya yang berkaiatan dengan tata cara pelaporan dalam rangka kunjungan kerja Panglima TNI, Kasad dan Pangdam II/Swj. Pada saat ini sedang berlangsung latihan antar kecabangan, untuk itu ditekankan kembali kepada para Dansat agar terus memonitor kegiatan yang sedang dilaksanakan di Puslatpur Baturaja tersebut.

Di bidang Personel, berdasarkan ST Pangdam II/Swj nomor ST/828/2012, tanggal 27 Agustus 2012 tentang penggunaan seragam batik KORPRI yang baru bagi PNS TNI AD di jajaran Kodam II/Swj, dengan ini diinformasikan bahwa penggunaan seragam batik  KORPRI yang baru akan digunakan serempak secara nasional mulai tanggal 29 November 2012 (bertepatan dengan HUT ke-41 KORPRI). Di bidang Logistik, kepada para Dan/Ka Balakdam agar melakukan pengecekan dan perawatan instalasi listrik yang berada di kompleks rumah dinas dan kesatrian yang menjadi tanggung jawab masing-masing satuan secara rutin untuk menghindari terjadinya bahaya kebakaran, mengingat instalasi listrik di rumah dinas dan kesatrian rata-rata merupakan instalasi lama. Tidak ada alasan bahwa rumah dinas dan lingkungan asrama harus bersih dan aman. Selanjutnya, berdasarkan ST Pangdam II/Swj Nomor ST/601/2012 tanggal 5 Juni 2012, pengajuan Noregmil organik, Noregmil non organik kendaraan yang akan masuk aset TNI AD pengadaan satuan/hibah dan non organik (pinjam pakai)  kendaraan tersebut diharuskan berwarna Army Green.

Kemudian Di bidang Teritorial, pada tanggal 26 Agustus 2012 telah terjadi kerusuhan dan penyerangan terhadap penganut aliran Syiah di Sampang, Madura yang mengakibatkan 2 orang warga meninggal dunia. Peristiwa semacam ini juga pernah terjadi  di bulan Desember 2011 yang lalu. Konflik horizontal dengan latar belakang perbedaan keyakinan masih kerap terjadi di tanah air kita. Untuk itu ditekankan kepada prajurit dan PNS Kodam II/Sriwijaya agar tetap memelihara dan meningkatkan kewaspadaan serta kesiapsiagaan, mengaktifkan kembali Jaring Teritorial maupun Komunikasi Sosial dengan masyarakat serta memberikan informasi yang positif guna mencegah terjadinya instabilitas keamanan di wilayah tempat tinggal kita masing-masing.

Pada tanggal 3 September 2012 ini, rencananya akan dilaksanakan kegiatan pemantauan Bhakti Sosial KB Kesehatan TNI  yang dipusatkan di Kabupaten Belitung Timur Provinsi Babel dan akan dihadiri Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, SE. Program KB Kesehatan yang akan dilaksanakan ini bukan hanya program untuk pengendalian penduduk semata tetapi juga pengendalian pengangguran, kemiskinan dan  hidup secara sehat melalui keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Untuk itu pada kesempatan yang baik ini disampaikan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI Kodam II/Swj bahwa program kegiatan KB Kesehatan yang telah dicanangkan oleh Panglima TNI tersebut agar ditindaklanjuti oleh segenap prajurit dan PNS Kodam II/Sriwijaya dalam kehidupan keseharian, serta dapat menjadi ujung tombak dan berpartisipasi aktif untuk mensukseskan  program  tersebut. (Pendam II/SWJ)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Ketaatan dan Disiplin Dalam Kehidupan dan Kedinasan