TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kinerja Aparat Intelijen Tentukan Keberhasilan Tugas Komando

By 18 Sep 2012 04:32Kodam III/Siliwangi
images_img_Kodam3_18092012_dam3

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sonny Widjaja menekankan, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan tugas Komando dalam membina kewilayahan dalam mewujudkan pertahanan negara di daerah sangat terkait dengan kinerja aparat intelijen.

Penekanan tersebut disampaikan Pangdam III/Siliwangi dalam amanat tertulisnyanya yang dibacakan Wakil Asisten Intelijen Kasdam III/Siliwangi Letkol Inf. Stepanus Mahury pada Pembukaan Mobile Intelligence Preparation and Monitoring for The Battlespace Course (MIPMBC) bertempat di Rindam III/Siliwangi, Jalan Menado Bandung, Senin (17/9).

Lebih lanjut Pangdam mengungkapkan,  fungsi intelijen pada saat sekarang begitu mengemuka dan penting, terlebih apabila dikaitkan dengan perkembangan situasi masalah terorisme. Pada konteks ini, fungsi intelijen seolah menjadi tumpuan dan garda depan untuk memberikan informasi yang aktual, yang diperlukan dalam hal pendeteksian dini, pencegahan maupun pemecahan dan penyelesaian suatu masalah.

Terkait dengan hal tersebut, menurut Pangdam penajaman kualitas aparat intelijen harus menjadi prioritas. Selain itu Pangdam juga meminta agar pelaksanakan fungsi intelijen dilaksanakan dengan benar, bersinergi bersama-sama Aparat Intel lainnya yang ada di wilayah secara maksimal. Dengan demikian diharapkan, ke depan aparat intelijen mampu lebih berperan aktif dan memberikan sumbangsih yang besar bagi pemberantasan terorisme yang muaranya akan berdampak pula pada terciptanya stabilitas keamanan negara yang mantap, tandas Pangdam.

Pangdam mengharapkan upaya pembinaan dan pemantapan profesionalitas, melalui pendidikan dan latihan seperti kegiatan penataran yang dilaksanakan saat ini, dapat menjadi solusi yang perlu terus dikembangkan, sehingga mampu memberikan kontribusi untuk menambah kuantitas serta meningkatkan kualitas kemampuan personel intelijen. 

Penataran MIPMBC diikuti oleh 30 peserta terdiri dari para Danunit Inteldim, Dantim BKI Denintel, para Danpok Analis Tim Intelrem serta para Pasi Intel Batalyon Jajaran Kodam III/Siliwangi. Penataran akan berlangsung sampai tanggal 22 September 2012. (Pendam III/Slw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kinerja Aparat Intelijen Tentukan Keberhasilan Tugas Komando