TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0103/ Aceh Utara Bersama Tokoh Masyarakat Laksanakan Panen Lele

By 13 Sep 2012 01:07Kodam Iskandar Muda
images_img_KodamIM_13092012lele

Krisis ekonomi  dan perubahan  iklim  secara  global  berpengaruh  terhadap  masyarakat menengah ke bawah.  Apalagi akibat  perubahan iklim yang tidak  menentu  berdampak  pada  menurunnya  produksi ikan  yang berasal dari tangkapan ikan para nelayan yang  pastinya menyebabkan  harga jual ikan semakin  tinggi  sehingga  menyebabkan  pemenuhan  sumber protein  terhadap masyarakat menjadi turun.

Mengatasi  masalah  tersebut, Dandim 0103/Aut Letkol Inf Agus Triantoni  mencoba  membuat  terobosan  untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kodim 0103/Aceh utara dengan  metode mengembangkan  Lele dengan  menggunakan  sistem  Tumpang  Sari.   Metode ini   tidak  harus  memerlukan  lahan yang  luas  sehingga masyarakat dapat  memanfaatkan  lahan  yang sudah  ada disekitar lingkungan  misalnya  memanfaatkan  saluran  air  yang  ada ataupun  memanfaatkan lahan  dipekarangan  rumah  untuk  dijadikan  kolam lele..

Koramil 16/Bds Dim 0103/Aut menerapkan  metode ini  dengan memanfaatkan  parit  di depan Koramil  seluas  2 x 15 M  dengan memelihara  lele  sebanyak  1.500 ekor  dan  dalam waktu  3 bulan  sudah  bisa dipanen  dengan  hasil + 475 kg. Pada kegiatan panen  perdana yang dilaksanakan pada hari Rabu (12/9) di Koramil 16/BDS yang dihadiri oleh Dandim 0103 /Aut dan perwira  staf, para  Muspika  Kec. Bandasakti  beserta  para  Kechik/Lurah  dan tokoh  masyarakat  setempat. Dandim 0103 /Aut pada kesempatan tersebut mengharapkan  agar  kesuksesan  beternak  lele ini  bisa  di contoh oleh  masyarakat sehingga bisa  di jadikan  alternatif  untuk pemenuhan  kebutuhan protein secara  swadaya  oleh  masyarakat.(Kodim 0103/Aceh Utara/Dispenad)

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0103/ Aceh Utara Bersama Tokoh Masyarakat Laksanakan Panen Lele