TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 0504/JS Laksanakan Safari Pembinaan Siskamling & Linmas

By 20 Sep 2012 02:11Kodam Jaya
images_img_KodamJaya_kodim0504-safari-siskamling

Tak hanya sekedar berkumpul, warga yang berjaga di Poskamling itu diberi tanggung jawab moral oleh warga lainnya untuk menjaga keamanan lingkungan hingga adzan subuh tiba. Sistim keamanan lingkungan yang lebih di kenal dengan kata Siskamling itu selalu membuahkan hasil diantaranya kondisi dan keamanan lingkungan benar-benar terjaga dari malam hari hingga  matahari terbit.

Kebiasaan dan budaya warga Indonesia yang wajib untuk terus dilestarikan karena manfaatnya sangat  besar demikian disampaikan Kepala Staf Kodim 0504/Jakarta Selatan Mayor Kav Sunaryo Saripan SPi MSi sebagai salah satu Nara Sumber pembinaan Siskamling dan Linmas di Kecamatan Mampang Prapatan Jakarta Selatan.

Pembinaan Siskamling dan Linmas diadakan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Administrasi Jakarta Selatan dan telah berlangsung dari tanggal 6 s.d 14 September 2012  dengan sasaran pembinaan sebanyak 800 orang yang meliputi 10 Kecamatan di wilayah kota administrasi Jakarta selatan. Safari Pembinaan Siskamling melibatkan 4 nara sumber, masing masing dari Polres Jaksel oleh AKBP Dri Hastuti dengan materi Harkamtibmas, dari Pemadam Kebakaran oleh Bapak Abul Wahid dengan materi upaya pencegahan kebakaran, dari Satpol PP oleh bapak Efendi dengan paparan Perda Ketertiban Umum sedangkan dari Kodim 0504/JS diwakili oleh Mayor Kav Sunaryo S SPi MSI dengan judul paparan kewaspadaan masyarakat dalam perspektif  Wawasan Kebangsaan.

Hadir dalam acara pembinaan siskamling tersebut antara lain dari unsur Tomas, Toga, para pemuda serta Linmas setempat. Dalam penyampaiannya, Mayor Kav Sunaryo Saripan SPi MSi mengatakan bahwa Konsep bela negara dapat dimulai dari unsur paling kecil contohnya implemantasi pelaksanaan Siskamling,  lingkungan kuat maka akan menguatkan ketahanan nasional, setiap AGHT (Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan) dapat sedini mungkin dieliminir dengan adanya Siskamling yang konsisten, maka tak dapat dipungkiri lagi siskamling  adalah garda terdepan dalam antisipasi dan menyadarkan warga saat terlelap dari setiap bahaya yang datang mengancam terlebih lagi agenda Pemilukada DKI yang semakin dekat sehingga diperlukan kebersamaan, kewaspadaan dan pengendalian diri dalam menyikapi Pemilukada tersebut. (Pendam Jaya/ Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 0504/JS Laksanakan Safari Pembinaan Siskamling & Linmas