TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodim 1624/Flotim Tinjau Kegiatan Pra TMMD Di Ds Tanahbelen

By 12 Sep 2012 05:11Kodam IX/Udayana
images_img_Kodam9_12092012reot

Dalam Tahun Anggaran 2012 ini, salah satu Kodim di jajaran Korem 161/Wira sakti yang memperoleh  program TMMD ke-89 adalah Kodim 1624/Flotim. Beberapa kegiatan pra TMMD yang telah dilaksanakan oleh Kodim 1624/Flotim dan jajarannya guna mendukung penyelenggaran program TMMD ke-89 yang rencananya akan dibuka secara serentak diseluruh Indonesia dengan sasaran-sasaran  yang sudah ditentukan melalui “Buttom up”, dari pemerintah daerah kepada pemerintah pusat.

Seperti kegiatan Pra TMMD yang dilaksanakan oleh Kodim 1624/Flotim dengan sasaran perehaban sarana dan prasarana pendidikan yaitu gedung SD maupun pembangunan akses jalan yang bisa membantu kelancaran perekonomian di Desa Tanahbelen.   

Gedung Sekolah Dasar (SD) Inpres Bou di Dusun Tanahbelen, Desa Lamatutu, Kecamatan  Tanjung Bunga, Kabupaten Flores Timur , kondisinya mirip seoperti kandang ayam. Sekolah ini terletak di wilayah yang terisolasi selama 67 tahun sejak Indonesia Merdeka.

Dusun tersebut  baru mendapat akses jalan hasil karya Kodim 1624/Flotim melalui kegiatan Pra Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) sehingga untuk pertama kalinya mobil bisa masuk desa tanggal 8 Agustus 2012  pukul 20.00 Wita.   Saat rombongan Kepala Staf Kodim 1624/Flotim, Mayor Arm Wahyu Martono, bersama Kapten Inf Suhardi mengunjungi sekolah tersebut, Jumat  (7/9) sore, menemukan lima orang anak kelas enam: Nobert, Evi, Ako, Berto dan Helen sedang mengikuti pelajaran tambahan yang diberikan guru kelas, Pius Deweng, diruang kelas yang sudah bocor, beratap alang-alang dan dindingnya terbuat dari pelupu (bambu cincang) yang sudah lapuk, serta bangku dan meja  terbuat  dari bambu yang sudah miring nyaris tumbang. edangkan lantai kelas masih asli tanah, sehingga  jika hujan turun akan berlumpur karena atap alang-alang semuanya sudah bolong.      

Dikelas 6 terdapat enam murid yang diajar oleh Pius Deweng.   Pada sore hari itu, salah seorang murid kelas 6: Meri, tidak mengikuti kegiatan belajar sore.     Saat kasdim masuk ruangan kelas, Pius Deweng sedang mengajar pendidikan kewarganegaraan dengan topik pendiri Negara NKRI  Bung Karno dan Bung Hatta.

Rombongan yang memasuki ruang kelas itu terharu meneteskan air mata.   Anak-anak kelihatan gugup mendapat kunjungan Kasdim dan rombongan yang berseragam lengkap.  Kasdim, Mayor Arm Wahyu sempat memberikan apresiasi yang mendalam kepada Pak Guru Pius dan murid-muridnya.  “Adik-adik tetap tabah dalam kondisi ini. Tetap semangat, suatu saat anak-anak akan menjadi orang besar,” kata Wahyu. Untuk mencairkan suasana, Kasdim Wahyu mengajak anak-anak menyanyikan lagu-lagu perjuangan seperti Satu Nusa Satu Bangsa, Maju Tak Gentar dan Mengucapkan Pancasila. (Penrem 161/Dispenad)

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodim 1624/Flotim Tinjau Kegiatan Pra TMMD Di Ds Tanahbelen