TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 032/Wbr Hijaukan Kawasan Danau Singkarak

By 20 Sep 2012 03:33Kodam I/Bukit Barisan
images_img_Kodam1_pembersihan-penrem-032_kami

Konsep dasar gerakan “Singkarak Go Green” Rem 032/Wbr adalah penghijauan, guna mengoptimalkan keberhasilan gerakan ini maka perlu dukungan pemberdayaan masyarakat, pelibatan seluruh komponen masyarakat dan kelompok tani  yg ada di kawasan Danau Singkarak, perubahan mindset masyarakat dari menebang pohon mendapatkan uang menjadi menanam pohon mendapatkan uang, menimbulkan “Sense of Belonging” yaitu menimbulkan kesadaran dari masyarakat untuk turut serta merasa memiliki dan memelihara pohon yg telah ditanam. Hal tersebut ditegaskan Danrem 032/Wirabraja Kolonel Inf Drs Amrin ketika meninjau lokasi Singkarak Go Green di sekitar kawasan Danau Singkarak, Selasa (18/9).

Danau Singkarak merupakan danau kedua terbesar di Sumatera setelah danau Toba, luas permukaan air danau Singkarak mencapai 11.200 hektar dengan panjang maksimum 20 kilometer dan lebar 6,5 kilometer dengan kedalaman 268 meter.

Danau Singkarak  posisinya terbentang sangat luas ini terletak diantara dua Kabupaten yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.  Danau singkarak telah mengalami degradasi lingkungan dan ekosistim yang cukup parah, dari data yang ada bahwa kawasan Danau Singkarak terdapat lahan kritis yang berada wilayah Kabupaten Solok terdapat lahan kritis lebih kurang 10.250 Ha sedangkan yang berada di  wilayah Kabupaten Tanah Datar terdapat lebih kurang lahan kritis seluas 8.080 Ha.

Bupati Tanah Datar M. Sadiq Pasadigu,  memberikan aprisiasi dan  dukungan penuh terhadap kegiatan pengijauan yang dilaksanakan oleh Korem 032/Wbr di dalam gerakan Singkarak go green ini, karena singkarak merupakan aset daerah yang merupakan ikon Sumbar yang telah menasional bahkan mendunia.

Kapenrem 032/Wbr Mayor Inf Defi Deflijun, S.Sos, menyampaikan guna mendukung program Singkarak Go Green ini Korem 032/Wirabraja telah menyiapkan Posko Singgarak Go Green yang berlokasi di Makorem dan di lokasi sekitar Danau Singkarak, mendirikan rumah pembibitan dilahan 10 Ha di wilayah Kec Kayu Tanam  dengan puluhan ribu pohon aneka jenis yang siap untuk ditamam dan terhitung juga sejak tanggal 13 Agustus 2012  lalu,  ratusan prajurit telah dikerahkan setiap hari untuk membuat lobang siap tanam, sampai dengan berita ini dibuat terdapat 18 ribu lobang yang telah  di kerjakan prajurit yang telah diberi pupuk yang siap digunakan menjelang musim tanam yang jatuh pada bulan Nopember mendatang. (Penrem 032/ Dispenad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 032/Wbr Hijaukan Kawasan Danau Singkarak