Korem 121/Abw Laksanakan Penataran Wabku

By 04 Sep 2012 01:49Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_tar-wabku-rem-abw

Penyelenggaraan administrasi pertanggung jawaban keuangan di lingkungan Angkatan Darat, dimulai sejak pengotorisasian, pembiayaan, penatabukuan sampai dengan pelaporan keuangan. Administrasi Wabku meliputi proses penyusunan laporan keuangan dan belanja sesuai bukti oleh pengguna keuangan negara dan merupakan salah satu tahap dari penyelenggaraan administrasi keuangan di satuan.

Agar setiap pelaksanaan kegiatan Wabku dapat dilakukan secara efisien dan tepat aplikasi. Korem 121/Abw melaksanakan penataran Wabku yang pada hari  Senin (3/9) pukul 08.00 Wib pelaksanaannya dibuka secara resmi oleh Kasrem 121/Abw Letkol Inf. Agus Prasetyo mewakili Danrem 121/Abw.

Kegiatan penataran yang akan berlangsung selama 15 hari tersebut dilaksanakan bertempat di Balai Latihan Kerja Sintang jalan Teluk Menyurai Sintang, yang diikuti oleh 40 orang pejabat pembuat Wabku dari satuan-satuan Balak aju Korem 121/ABW, Kodim 1204/Sgu, Kodim 1205/Stg, Kodim 1206/Pts, Batalyon 642/Kps, Batalyon 643/WNS, Batalyon 644/WS, Batalyon Armed 16/105 Tarik serta Denzipur 6/SD.

Dalam sambutan yang dibacakan oleh Kasrem, Danrem 121/Abw menyampaikan dengan diselenggarakannya penataran ini, diharapkan akan menghasilkan para pelaksana pertanggung jawaban keuangan di satuan yang memahami dan mampu membuat kelengkapan bukti penerimaan murni dan bukan murni serta memahaminya dengan baik. Sehingga prinsip-prinsip Wabku yang sederhana, tepat waktu, benar dan teliti, lengkap, menurut ketentuan, berjenjang dan transparan mampu di wujudkan di satuan-satuan jajaran Korem 121/Abw. Oleh karena itu, dalam penataran ini para prajurit peserta penataran disegarkan pemahamannya terhadap pokok-pokok mengenai : Pengotorisasian, Belanja Personel, Belanja Barang dan Modal, BPD serta Aplikasi Pertanggung Jawaban Keuangan, dan dilakukan juga praktek tentang Aplikasi Pertanggungjawaban Keuangan.

Ditambahkan oleh Danrem bahwa kesempatan mengikuti penataran seperti ini, hendaknya dibarengi kesungguhan yang dapat tumbuh jika para peserta memiliki rasa tanggung jawab dan kesadaran yang tinggi untuk mencapai prestasi terbaik. Karena itu, tunjukkanlah semangat belajar dan berlatih yang tinggi, sebab hanya dengan cara demikian pengetahuan dan keterampilan dapat diserap dan dikuasai dengan baik. Penataran yang akan diselenggarakan selama 15 hari ini, merupakan waktu yang relatif singkat bila dibandingkan dengan materi yang disajikan. Untuk itu, gunakan waktu seefektif dan seefisien mungkin untuk belajar dan berlatih agar dapat memiliki bekal kemampuan yang akan diaplikasikan disatuan masing-masing. (Penrem 121/ABW)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 121/Abw Laksanakan Penataran Wabku