TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kuntar Membentuk Kader Pimpinan yang Professional, Akademis Dan Dicintai Rakyat

By 21 Sep 2012 02:51Akademi Militer
images_img_Akmil_kuntar-akmil_jumat21092012

Lembah Tidar ( 20/09).  Akademi Militer merupakan salah satu lembaga pendidikan militer yang membentuk calon-calon Perwira TNI-AD yang berintegrasi tinggi dan berkemampuan Akademis dengan sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pola pikir dasar golongan Perwira berkualifikasi Akademis Strata I serta jasmani yang dinamis.
 
Berdasarkan tugas pokok Akmil, maka diperlukan suatu kegiatan Integrasi bagi Taruna yaitu kegiatan Kunjungan Taruna (Kuntar) yang menitikberatkan pada pencapaian solidaritas dan soliditas TNI dimasa yang akan datang, sehingga dalam pembinaan Tradisi Korps Taruna “Akademi Militer siap membentuk Perwira yg handal, Profesional, Akademis dan di Cintai rakyat,” sehingga pada akhirnya mampu menjawab tantangan perkembangan di masa yang akan datang.
 
Kuntar dilaksanakan 4 (empat) hari mulai tanggal 20 s/d 23 September 2012 dengan melibatkan Taruna Akmil, AAL, AAU dan Mahasiswa. Kuntar ini merupakan rutinitas kegiatan Tradisi Korps Taruna dengan tujuan untuk memupuk dan menumbuhkembangkan semangat integrasi, jiwa korsa dan solidaritas dalam upaya membangun soliditas Taruna sebagai Kader Pemimpin masa depan. Tradisi Korps Taruna ini diselenggarakan oleh Taruna dengan peserta Taruna TK II, TK III dan TK IV masing-masing matra, dengan ditandai dibukanya Acara oleh Koordinator umum Sersan Mayor Taruna Muhamad Tyas. Pelaksanaan di lapangan Mentar Akmil, Magelang, Kamis (20/9).  
 
Materi Kunjungan Taruna ini antara lain : Pengenalan sarana prasarana, Diskusi kepemimpinan, olahraga bersama, malam akrab, wisata kejuangan, temu kakak adik asuh, pelatihan kepemimpinan (outbound & inbound), dengan sasaran yang harus dicapai :
1.    Dapat memperkenalkan kepada Taruna tentang sarana prasarana yang ada di Akademi serta kegiatan yang dilakukan oleh Taruna.
2.    Melatih para Taruna dalam menyampaikan gagasan, ide atau pemikiran melalui analisa kepemimpinan, kejuangan serta memupuk kebersaman yang solid, selanjutnya di diskusikan oleh gabungan seluruh Taruna.
3.     Bina mental & fisik serta tumbuhkembangkan sportifitas, kerjasama, persaudaraan & persahabatan antar Taruna.
4.     Memupuk rasa persaudaran, persahabatan, kebersamaan dan kekeluargaan antar Taruna.
5.     Menumbuhkembangkan jiwa heroik, patriotis, mencintai dan menghormati jasa para Pahlawan bangsa.
6.     Memupuk rasa persaudaraan, persahabatan, kebersamaan dan kekeluargaan antar Taruna.
7.     Memberikan suasana yang kondusif untuk membentu sikap, cara berpikir dan persepsi yg kreatif serta positif dari setiap peserta guna membentuk  rasa kebersamaan, keterbukaan, toleransi serta kepekaan yg mendalam, yang  pada  harapannya  akan mampu menumbuhkan jiwa dan semangat integrasi. (Pen Akmil/ Dispenad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kuntar Membentuk Kader Pimpinan yang Professional, Akademis Dan Dicintai Rakyat