TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam II/Swj beri kuliah perdana di Universitas Bina Darma Palembang

By 18 Sep 2012 04:57Kodam II/Sriwijaya
images_img_Kodam2_18092012sarjana

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Nugroho Widyotomo memberikan kuliah perdana dengan materi Patriotisme dan Nasionalisme kepada mahasiswa baru Universitas Bina Darma Palembang, di gedung Opi C. Center Jakabaring Palembang, Senin (17/9).

Dalam ceramahnya, Pangdam II/Swj mengatakan, bila kita cermati bersama-sama di tengah-tengah kondisi bangsa yang sedang menghadapi ancaman disintegrasi. Patriotisme adalah kondisi kesadaran jiwa dari setiap warga negara yang “mencintai” bangsa dan negaranya serta diimplementasikan secara nyata dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Kecintaan warga negara terhadap bangsanya memiliki makna adanya kesediaan untuk memberikan yang terbaik dan rela berkorban demi kejayaan bangsa dan negaranya, sekalipun harus mengorbankan nyawanya. Patriot sejati adalah pejuang bagi bangsanya,bekerja keras melebihi panggilan tugas dan kewajibannya sebagai warga negara. Seorang patriot adalah bagian yang tak terpisahkan dari bangsanya, bersatu-padu dan saling membantu diantara sesama anak bangsa. 

Menurut Pangdam, Pada era reformasi, ikatan-ikatan dan nilai-nilai kebangsaan Indonesia pada generasi muda sekarang cenderung mengendur/memudar , karena pada era ini Demokrasi diartikan sebagai the right of self determination atau bebas menentukan nasib sendiri, sehingga bermunculan perilaku, sikap, idealisme dan kepentingan fragmental di luar koridor kepentingan nasional. Situasi seperti itu menyebabkan munculnya kelompok-kelompok masyarakat yang memanipulasi logika  demokrasi  demi kepentingannya.

Untuk itu tegas Pangdam, perlu terus diupayakan membangun Wawasan Kebangsaan pada diri setiap anak bangsa dan generasi muda penerus bangsa yang dicirikan dengan : Pertama, Adanya rasa ikatan yang kokoh kuat dalam satu kesatuan dan kebersamaan  di antara sesama anggota masyarakat, tanpa membedakan suku, agama, ras maupun golongan. Kedua, saling membantu antara sesama komponen bangsa demi mencapai tujuan  dan cita-cita bersama. Ketiga, Tidak membangun primordialisme dan eksklusifisme, karena hanya akan merusak persatuan. Keempat, Membangun kebersamaan dengan semboyan bahwa suka duka anggota masyarakat adalah suka duka seluruh bangsa dan negara. Kelima, Mampu mengembangkan sikap untuk berfikir dan berperilaku positif dimanapun berada, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.Keenam, Senantiasa berfikir jauh ke depan, membuat gagasan untuk kemajuan bangsa dan negaranya menuju kemandirian dan kesetaraan dengan bangsa-bangsa lain.

Hadir pada acara tersebut, Aster Kasdam II/Swj, para Pejabat Kodam II/Swj, Kapendam II/Swj, Rektor Universitas Bina Darma Palembang, Para Dekan dan Para Dosen Universitas Bina Darma Palembang, serta para Mahasiswa baru Universita Bina Dharma Palembang.(Pendam II/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam II/Swj beri kuliah perdana di Universitas Bina Darma Palembang