TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penertiban Rumdis Taman Hayam Wuruk Tahap III

By 05 Sep 2012 17:02Kodam V/Brawijaya
images_img_Kodam5_06092012dam5

Warga Perumahan Dinas (Rumdis) Taman Hayam Wuruk RT 02 RW 08, Kelurahan Sawunggaling Kecamatan Wonokromo pada Rabu (5/9) tampak bersiap siaga menghadapi pelaksanaan penertiban terhadap perumahan Taman Hayam Wuruk yang dilaksanakan Kodam V/Brawijaya dengan melakukan penghadangan di pintu masuk gerbang Rumdis. Penghadangan bukan hanya dilakukan oleh para warga tapi juga dengan adanya palang kayu dan bakaran ban bekas di tengah jalan pintu masuk gerbang Rumdis.

Pelaksanaan penertiban ini merupakan lanjutan dari penertiban-penertiban sebelumnya yang sudah dilaksanakan pihak Kodam V/Brawijaya guna optimalisasi pengamanan dan penggunaan aset BMN TNI AD khususnya Rumdis TNI AD Cq. Kodam V/Brawijaya yang dikarenakan ada beberapa penghuni telah melakukan perbuatan yang dapat merugikan Negara dengan berusaha melegalisasi hak kepenghunian dengan mengajukan permohonan hak kepemilikan tanah dan bangunan Rumah Dinas menjadi hak perorangan sehingga dengan terpaksa pihak Kodam V/Brawijaya mengambil langkah penertiban dengan mengosongkan dan menyerahkan Rumah Dinas dalam kondisi layak ke pihak Kodam V/Brawijaya yang sebelumnya telah dilakukan peringatan berupa Surat Pemberitahuan / Surat Peringatan sampai tiga kali tetapi tidak diindahkan oleh para warga sampai dilaksanakan penertiban yang kesekian kalinya ini.

Reaksi yang dilakukan warga Taman Hayam Wuruk mengarah ke perbuatan anarkis dengan melakukan aksi bakar ban, memasang kayu di depan pintu gerbang masuk perumahan, menyalakan petasan, melempar botol, dan pengrusakan rumah yang mengakibatkan kondisi rumah rusak, dengan memecah kaca dan merobohkan pagar sekaligus mencopoti kusen-kusen jendela atau pintu. Yang lebih mencengangkan dan membuat prajurit tidak percaya, para penghuni Rumdis yang akan tergusur melakukan aksi pembakaran rumah kosong. Namun semua tindakan anarkis dari para penghuni Rumdis tidak mempengaruhi pelaksanaan penertiban yang dilakukan prajurit Kodam V/Brawijaya dengan mengedepankan prinsip anti kekerasan atau anti kontak fisik. Sampai pada akhirnya 8 KK pada hari ini telah berhasil ditertibkan dalam keadaan aman dan terkendali. (Pendam V/Brw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penertiban Rumdis Taman Hayam Wuruk Tahap III