TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgas Pamtas Yonif Linud 305/Tengkorak Amankan 2890 Botol Miras Selundupan Dari Malaysia

By 10 Sep 2012 03:10Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_10092012_miras

Satgas Pengamanan Perbatasan Yonif 305/Tengkorak Brigif Linud 17 Div 1 Kostrad yang berada di Pos Kotis Entikong,  berhasil mengagalkan masuknya satu mobil Box yang membawa 20 dus minuman keras asal Malaysia,  Rabu (5/9) sore. Tak kurang dari 2890 botol minuman keras dari berbagai merek kini diamankan.

Saat anggota satgas pamtas menggelar razia rutin hari itu, melintas mobil Box dengan plat Nopol B 9688 KCA. Mobil diminta menepi untuk diperiksa oleh anggota Satgas Pamtas. Ketika mobil Box itu diperiksa kelengkapan Dokumen barang muatannya, terlihat hal yang mencurigakan dimana terdapat bekas tulisan dihapus pada dokumen tersebut, ini yang membuat kecurigaan. Oleh sebab itu anggota langsung  melakukan penggeledahan apa saja muatan yang ada didalam mobil Box tersebut. Saat  pintu  mobil Box tersebut dibuka,  awalnya anggota hanya menemukan berbagai jenis minuman ringan (soft drink) namun setelah dilakukan pembongkaran lebih dalam lagi, ditemukan 20 dus minuman keras jenis golongan C dengan merk Lemon Gin, Benson dan Bintang Mas.

Dengan adanya temuan tersebut, mobil langsung diamankan. Sedangkan sopir dimintai keterangan terkait kepemilikan minuman keras asal Malaysia itu. Minuman Lemon Gin dan Benson memiliki kadar Alkohol 40% sedangkan Bintang Mas berkadar alkohol 25%. Berdasarkan keterangan sopir, minuman keras tersebut milik warga Entikong. Total miras yang berhasil diamankan Satgas Pamtas RI-Malaysia hari itu, Bintang Mas sebanyak 1450 botol, Lemon Gin 960 botol dan Benson sebanyak 480 botol kesemuanya itu masih tersimpan dalam bentuk Dus.

Berdasarkan keterangan Danyonif Linud 305/Tengkorak Letkol Inf. Elkines Vilando yang didampingi Pakum Yonif 305 Kapten Chk. Junaidi, Pihaknya secara rutin menggelar pemeriksaan khususnya mobil Box  dan Truk yang  melalui  jalur darat RI-Malaysia untuk mengantisipasi penyeludupan barang-barang illegal, berbahaya dan terlarang sesuai dengan komitmen tugas satuan sebagai Satgas Pamtas Perbatasan RI-Malaysia dibawah Kodam XII/Tpr dan Korem 121/Abw sebagai Kolakops Pengamanan Perbatasan darat RI-Malaysia.

Ditambahkan oleh Danyon 305/Tengkorak bahwa kegiatan ini akan rutin dilaksanakan mengingat berbagai macam cara dilakukan oleh penyelundup untuk  mengelabui pemeriksaan oleh petugas, seperti yang hari ini diamankan, dimana minuman keras itu ditutupi dengan minuman ringan (soft drink). Selanjutnya setelah dilakukan pendataan, temuan  2890 botol minuman keras ini akan diserahkan oleh pihak Satgas pamtas RI-Malaysia kepada pihak Kepolisian untuk penanganan lebih lanjut. (Penrem 121/Abw)

                     

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam Jaya Kodam IV/Diponegoro
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgas Pamtas Yonif Linud 305/Tengkorak Amankan 2890 Botol Miras Selundupan Dari Malaysia