TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Siswa SLA Terima Materi Wawasan Kebangsaan

By 18 Sep 2012 07:58Kodam XII/Tanjungpura
images_img_Kodam12_18092012_korem-102

Pasi Binkomsos Korem 102/Pjg Mayor Arh Sriyanto memberikan materi wawasan kebangsaan kepada Siswa SLTA diikuti oleh siswa-siswi SMA 1, SMA 2, SMA 4, SMA Muhamadiyah serta SMA Kristen Palangkaraya pada hari Kamis beberapa waktu lalu. kegiatan berlangsung di Aula Kesbangpolinmas Jl. Yos sudarso No. 54 Palangkaraya-Kalteng, yang diikuti oleh 100 Siswa.

Pasi Binkomsos memaparkan kondisi wawasan kebangsaan bangsa Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Wawasan kebangsaan yang dulu sangat tinggi terutama saat masa revolusi tahun 1945-1949 dengan nilai-nilai 45 nya, saat ini sudah mulai luntur. Justru yang berkembang adanya kesadaran etnis yang sempit dengan ditandai tuntutan merdeka dari kelompok masyarakat di beberapa daerah. Belum lagi ancaman multi dimensi di era globalisasi saat ini. Oleh karena itu, kepada generasi muda khususnya para pelajar sangat perlu diingatkan kembali tentang wawasan kebangsaan. Hal ini penting mengingat generasi muda yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan bangsa Indonesia, kata Pasi Binkomsos.

Lebih lanjut Mayor Arh Sriyanto  menjelaskan  tentang 4 pilar NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan. Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia, Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman.

Pada kesempatan itu para Siswa didampingi oleh Guru pendampingnya masing-masing, salah seorang guru menyampaikan bahwa tujuan mengikutkan muridnya yaitu untuk menambah wawasan kebangsaan serta menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para muridnya tersebut. Pada kegiatan tersebut mendapat respon positif dari kalangan siswa ini terlihat banyaknya pertanyaan dari siswa-siswi yang disampaikan pada saat sesi tanya jawab. Kegiatan berjalan tertib, aman dan lancar. (Penrem 102/Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Siswa SLA Terima Materi Wawasan Kebangsaan