TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Uji Coba Pemanfaatan Pesawat Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle/Uav) Untuk Pemetaan Topografi

By 24 May 2013 11:03Direktorat Topografi
ujicoba uav

Pada hari Jumat, 24 Mei 2013, Dittopad bekerjasama dengan LAPAN melaksanakan uji coba pemotretan pesawat tanpa awak (UAV) di Rumpin Tangerang. Kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya mendapatkan informasi topografi secara lebih cepat, akurat dan mutakhir, dengan mengembangkan teknologi pemotretan udara menggunakan pesawat tanpa awak (Unmaned Arial Vehicle), yang selanjutnya dikenal dengan pesawat UAV.

Teknologi ini berkembang dengan pesat dan merambah semua aspek kehidupan baik di lingkungan swasta maupun militer. Pesawat yang digunakan milik LAPAN tipe LSU UAV-02 dengan spesifikasi panjang badan 200 cm (composite), panjang bentangan sayap (wing span) 250 cm, engine 2T /33cc, cruising speed 90 km/jam, endurrance 2 jam 45 menit, maksimum distance 200 km, komunikasi telemetri di 900 MHz dengan daya  1 watt dilengkapi dengan sistem terbang otomatis (autonomous flying system), payload capasity  0,5 kg.

Persiapan pemotretan dan pengecekan kelaikan terbang pesawat

Kamera yang digunakan adalah Canon Powershot S100 dengan karakteristik sensor size and type : 1/1.7 inch CMOS, ISO : dengan rentang 80 hingga 6400, dan auto, lensa : fixed Focal Length 5.2 – 26.0 mm (35 mm equivalent: 24 – 120 mm), GPS LOG NMEA 0183 message format compliant : sudah dilengkapi dengan GPS sehingga setiap lembar foto yang dihasilkan mempunyai koordinat.

Pesawat Tanpa Awak LSU UAV-02.(LAPAN)

Sebagai sebuah wacana baru, pemotretan udara format kecil menggunakan UAV perlu direspon dengan positif. Meskipun di lingkungan Topografi dan jajarannya belum memiliki kemampuan sendiri dalam penggunaannya namun perlu dicatat bahwa di luar Topografi sudah banyak instansi di lingkungan Kementrian dan Lembaga yang menggunakan dan mengembangkannya, seperti ITB, UGM, UNDIP, LAPAN dan BIG (Badan Informasi Geospasial).

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan survey dan pemetaan yang berkembang saat ini maka penggunaan UAV di lingkungan Topografi Angkatan darat di masa mendatang akan sangat mendukung tugas pokok Topografi, terutama untuk daerah yang sulit dijangkau dengan pesawat besar. Harapan besar UAV dapat menjadi salah satu bagian alat utama Topografi di masa mendatang.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Uji Coba Pemanfaatan Pesawat Tanpa Awak (Unmanned Aerial Vehicle/Uav) Untuk Pemetaan Topografi