TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Personel Dittopad Terlibat Kegiatan Jambore Pramuka Siaga Kota Tangerang

By 18 Dec 2013 09:28Direktorat Topografi
dittopad pramuka

Baru-baru ini 2 personel Dittopad, Serda Sigit dan Serda Sugeng, terlibat dalam kegiatan Jambore Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang di Lapangan Mayonif 203/AK Jalan Gatot Subroto KM. 6 Jatiuwung Tangerang (18/12/2013). Keduanya telah diminta oleh Panitia kegiatan untuk memberikan materi pengetahuan dasar tentang peta, kompas dan GPS bagi seluruh peserta Jambore berjumlah lebih dari 120 orang. GPS atau Global Positioning Systems merupakan alat bantu modern untuk bernavigasi/bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kegiatan Jambore Pramuka ini merupakan salah satu program kerja Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Tangerang memasuki penghujung tahun 2013. Jambore diikuti oleh Pramuka Penggalang siswa SD dan SMP (Kelas 5 s.d. 9) di wilayah Kota Tangerang. Materi kegiatan diberikan oleh beberapa dinas/instansi terkait, antara lain penyuluhan bahaya narkoba oleh BNN, kegiatan daur ulang sampah oleh Dinas Kebersihan, dan sanitasi lingkungan (Dinas PU). Sementara Dinas Infokom memberikan materi tentang teknologi Internet dan RAPI memberikan materi teknologi radio amatir.

Dua instansi militer/TNI yang terlibat dalam kegiatan jambore, diwakili oleh Yonif 203/AK dan Dittopad. Personel Yonif 203/AK memberikan materi tentang wawasan kebangsaan. Sedangkan 2 Bintara Dittopad, Sersan Sigit dan Sersan Sugeng, memberikan materi pengetahuan dasar tentang symbol peta, cara membaca peta serta keterampilan dasar menggunakan kompas dan GPS. Para peserta Jambore Pramuka dibagi menjadi 4  kelompok masing-masing terdiri dari 30an orang. Menggunakan sistem sirkuit, setiap kelompok bergerak menuju pos per pos  untuk menerima materi. Di setiap pos, peserta wajib menyerahkan buku saku untuk ditandatangani oleh koordinator/petugas pemberi materi.

Keterlibatan personel Dittopad dalam kegiatan Jambore Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tangerang ini sesungguhnya sejalan dengan kebijakan Pimpinan AD, khususnya terkait dengan pembinaan territorial (Binter) serta keinginain untuk memperbaiki sistem rekrutmen prajurit TNI AD. Melalui kegiatan semacam ini diharapkan terwujud kedekatan antara prajurit Topografi TNI AD dengan rakyat serta menumbuhkan keinginan generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai profesi prajurit, sehingga harapannya mereka mau menjadi prajurit TNI AD, khususnya prajurit Topografi. (SBC-Dittopad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Personel Dittopad Terlibat Kegiatan Jambore Pramuka Siaga Kota Tangerang