TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Topografi Ikuti Pameran Alutsista TNI AD Dalam Rangka Hari Juang Kartika 2013 di Surabaya

By 13 Dec 2013 09:27Direktorat Topografi
topografi pam alut

Selama 5 hari berturut-turut, dari tanggal 13 hingga 15 Desember 2013, Dittopad bersama Topdam V/Brw mengikuti kegiatan pameran Alutsista TNI AD dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika tahun 2013 yang digelar Kodam V/Brw di Surabaya. Kegiatan pameran dibuka oleh Kasad, Jenderal TNI Budiaman, diikuti oleh seluruh Pus/Cab/Fung TNI AD, BUMN dan sejumlah perusahaan swasta nasional industry pertahanan.

Dittopad bersama Topdam V/Brw memamerkan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai, antara lain yang menonjol adalah pengembangan teknologi UAV dan Multirotor sebagai terobosan dalam kegiatan pengumpulan informasi geospasial. Selain itu juga dipamerkan  alat peralatan dan produk-produk Topografi kepada masyarakat umum. Alat peralatan yang dipamerkan dalam kondisi baik, siap pakai dan saling melengkapi antara peralatan yang dimiliki Topdam V/Brw dan Dittopad.

Produk Topografi yang digelar mencakup Peta Topografi berbagai kedar, mosaik foto udara, peta foto, buku Laporan Geografi Medan (LGM), hasil Litbang GPS tracking, dokumen hasil kegiatan yang mencakup pengukuran perbatasan darat negara RI dengan Malaysia, PNG dan RDTL, serta dukungan Topografi untuk pendidikan, latihan serta penanggulangan bencana.

Untuk memberikan penjelasan yang lebih lengkap kepada para pengunjung, selama pameran diputarkan video tentang Tupoksi Topografi Angkatan Darat, struktur organisasi, kegiatan penegasan batas negara, survei pengukuran, proses pembuatan peta, prosedur peminjaman alat, prosedur pengajuan dukungan peta Topografi serta kegiatan Topografi AD dari masa ke masa.

Pada kesempatan tersebut telah dilakukan demo pemotretan udara menggunakan pesawat tanpa awak UAV multirotor kawasan atau kompleks pameran. Hasilnya pun langsung diproses dan dipamerkan pada kesempatan tersebut. Para pengunjung pameran menyatakan sangat puas, senang dan salut dengan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai Topografi Angkatan Darat.

Kegiatan pameran Alutsista TNI AD Tahun 2013 yang diselengarakan di Kodam V/Brw pada dasarnya adalah sebagai  bentuk pertanggungjawaban TNI AD pada masyarakat Indonesia terkait dengan pembinaan dan penggunaan kekuatan matra darat, termasuk di dalamnya kecabangan Topografi. (SBC – Dittopad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Topografi Ikuti Pameran Alutsista TNI AD Dalam Rangka Hari Juang Kartika 2013 di Surabaya