TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jembatan Bailey Denzipur 4 Pulihkan Jalur Manado – Tomohon

By 29 Jan 2014 01:04Kodam XIV Hassanudin
jembatan

Sebagaimana yang dijanjikan oleh Pangdam VII/Wirabuana Mayjen TNI Bachtiar, S.IP, M.AP pada hari kedua pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor di Manado dan sekitarnya, saat meninjau proses evakuasi korban tertimbun tanah longsor dan jalan raya Manado – Tomohon yang terputus di 2 tempat juga akibat tanah longsor, yakni di kilometer 14 dan 16, jembatan bailey sepanjang 20 meter dan 30 akhirnya terpasang dan siap operasional masing-masing pada Senin (20/1) dan Kamis sore (23/1).

Prajurit Denzipur 4/YKN yang diberi tugas untuk segera memasang kedua jembatan bailey guna memulihkan jalur utama Kota Manado – Kota Tomohon berupaya keras untuk segera mewujudkan perintah tersebut meskipun dengan resiko yang tidak kecil karena hujan yang terus mengguyur Kota Manado dan sekitarnya menjadikan tanah/jalanan menjadi licin dan berlumpur serta rawan longsor susulan.

Selain kedua jembatan bailey di ruas jalan utama Manado – Tomohon di atas, prajurit Denzipur 4/YKN sebelumnya juga telah berhasil memasang dua ruas jembatan bailey di jalan Boulevard Kota Manado yang runtuh pada salah satu ujungnya akibat pondasinya tergerus arus banjir bandang. Runtuhnya jembatan di Boulevard inilah yang kemudian menjadi pemicu munculnya isu tsunami sehingga sempat menggegerkan warga Kota Manado yang sedang kalut akibat bencana banjir bandang dan tanah longsor sehari sebelumnya. Hal itu pula yang menjadi dasar perintah Pangdam untuk memprioritaskan pemasangan jembatan bailey di jembatan Boulevard. (Penrem 131/Santiago)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Tips Kesehatan
Sort by

Jembatan Bailey Denzipur 4 Pulihkan Jalur Manado – Tomohon