TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASDAM I/BB IRUP GELAR OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI TAHUN 2014

By 30 Jan 2014 17:04Kodam I/Bukit Barisan
muhajir

Kasdam I/BB Brigjen TNI Andogo Wiradi Irup pada upacara Gelar Operasi Gaktib dan Yustisi Tahun 2014, di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (29/1). Amanat Panglima TNI Jendral TNI DR. Moeldoko yang dibacakan Kasdam I/BB mengatakan penegakan disiplin dan kode etik keprajuritan menempati posisi penting dan sangat dibutuhkan guna mampu secara maksimal memberikan dampak positif bagi konsistensi sikap dan perilaku prajurit TNI. diharapkan kepada petugas Operasi Penegakkan Tata Tertib dan Yustisi untuk memiliki kesamaan persepsi dalam proses penegakkan dan penyelesaian pelanggaran hukum, disiplin serta tata tertib prajurit TNI. Tidak mungkin penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib dapat berjalan dengan baik, apabila petugasnya sendiri tidak disiplin dan tidak profesional, karena ketidakdisiplinan dan tidak profesionalnya petugas akan sangat berdampak negatif pada upaya penegakan hukum, disiplin, dan tata tertib yang diselenggarakan. Profesionalitas petugas yang dimaksud bukan hanya petugas yang mencatat dan memberikan tindakan kepada setiap pelanggaran prajurit saja, akan tetapi petugas yang mampu mencari dan menemukan minimal empat pokok-pokok persoalan yang perlu segera mendapatkan jawaban, dalam rangka menetapkan solusi, guna memperbesar upaya membangun kesadaran hukum, disiplin dan tata tertib prajurit TNI, yaitu Faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan perilaku pelanggaran hukum disiplin dan tata tertib, Latar belakang meningkatnya angka penyimpangan perilaku dan pelanggaran baik kualitas maupun kuantitasnya, Kendala yang menjadi hambatan dalam proses penegakan dan penyelesaian pelanggaran, Solusi yang dilakukan untuk mencegah terjadinya penyimpangan perilaku pelanggaran hukum disiplin dan tata tertib. Hal ini merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya konsistensi TNI untuk melaksanakan reformasi birokrasi khususnya di bidang kultur prajurit TNI.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan yang untuk dipedomani, yaitu : Laksanakan Operasi Penegakkan Tata Tertib dan Yustisi ini dengan baik dan benar serta berpedoman kepada peraturan dan hukum yang berlaku. Jangan gunakan Operasi Penegakkan Tata Tertib dan Yustisi ini untuk kepentingan pribadi dengan cara melakukan pemeriksaan dan penjatuhan hukuman terhadap personel TNI yang disebabkan oleh latar belakang dendam. Laksanakan koordinasi yang baik dengan instansi terkait dalam pelaksanaan operasi gaktib dan yustisi sehingga jalannya operasi tidak mengganggu kepentingan dan ketertiban masyarakat umum. Gunakan metode cari, temukan dan solusi untuk setiap permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan operasi berlangsung. Berikan hukuman yang setimpal dengan kesalahan yang dibuat, tetapi utamakan pembinaan. Di akhir amanatnya Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas keterpaduan TNI-Polri dalam penyelenggaraan Operasi Penegakkan Tata Tertib dan Yustisi Tahun 2014, dengan harapan sinergitas ini dapat menjadi modal bersama dalam membangun budaya taat hukum, disiplin dan tertib dalam kehidupan prajurit di lingkungan TNI dan masyarakat.
.
Hadir dalam upacara tersebut, Staf Khusus Pangdam I/BB, Para Sahli Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dansat BS sewilayah Medan, Perwakilan Batalyon BS sewilayah Medan, Pom TNI AD, Pom TNI AL, Pom TNI AU, Perwira, Bintara dan Tamtama Kodam I/BB.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASDAM I/BB IRUP GELAR OPERASI GAKTIB DAN YUSTISI TAHUN 2014