TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kerjasama Dittopad Dengan Pusat Teknologi LAPAN

By 22 Jan 2014 17:06Direktorat Topografi
mou dittopad

Dittopad merealisasikan kerjasama dengan 2 Pusat Teknologi LAPAN, masing-masing dengan Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) LAPAN di bidang pemanfaatan pesawat udara tanpa awak untuk survey pemetaan, dan Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdatainderaja) LAPAN dibidang pemanfaatan dan pengolahan data penginderaan jauh dalam satu acara resmi penandatanganan perjanjian kerjasama di Markas Besar Angkatan Darat pada Selasa (21/1).

Acara tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama oleh Dirtopad Brigjen TNI Ir. Dedy Hadria, MSc. dan Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat LAPAN Ir. Agus Hidayat, MSc., disaksikan masing-masing oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Budiman dan Kepala Lapan Drs. Bambang S. Tejasukmana, Dipl.Ing serta para Petinggi kedua instansi.

Beberapa saat sebelumnya, Bapak Kasad Jenderal TNI Budiman dan Kepala Lapan Drs. Bambang S. Tejasukmana, Dipl. Ing  telah menandatangani Nota Kesepahaman antara TNI AD dengan LAPAN tentang pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan, Nota Kesepahaman antara TNI AD dengan LAPAN tersebut dimaksudkan untuk memayungi berbagai kerjasama yang dilakukan TNI AD dengan LAPAN di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedirgantaraan yang meliputi teknologi penerbangan, roket, satelit, penginderaan jauh, sains antariksa dan sains atmosfer dalam rangka memenuhi pengembangan dan perekayasaan Alut/Alutsista guna mendukung upaya transformasi TNI AD memasuki abad 21.

Kita ketahui, TNI AD saat ini sedang gencar melakukan transformasi berbasiskan pada 5 pilar, yakni doktrin dan organisasi, Alutsista, sumberdaya  manusia, kerjasama militer serta kemanunggalan TNI rakyat.

Topografi Angkatan Darat sebagai bagian tak terpisahkan dari organisasi besar Angkatan Darat perlu melakukan berbagai macam perubahan, bahkan lompatan besar menuju Topografi yang lebih maju, modern dan berkemampuan mengumpulkan, mengolah dan menyajikan informasi geospasial terkini, akurat dan lengkap mendukung tugas-tugas Angkatan Darat di masa mendatang.

Salah satu langkah yang diambil adalah kerjasama dengan pihak ketiga, seperti LAPAN yang dinilai memiliki sumberdaya dan kemampuan teknologi penerbangan dan penginderaan jauh untuk mendukung tugas-tugas Topografi Angkatan Darat di bidang survey pemetaan. Perjanjian Kerjasama Dittopad dengan Pustekbang dan Pustekdatainderaja ini juga dimaksudkan sebagai pioneer dan contoh bagi kesenjataan dan kecabangan lainnya untuk melakukan langkah yang sama sesuai bidang minat dan kepentingan masing-masing. (SBC-Dittopad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kerjasama Dittopad Dengan Pusat Teknologi LAPAN