TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kontingen Garuda UNIFIL 2014 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H Dengan Hikmat

By 15 Jan 2014 21:31Pasukan Garuda
unifil 2014

Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW, merupakan salah satu hari yang istimewa bagi umat Islam, dimana pada hari tersebut Allah SWT telah mengaruniakan kepada kita umat manusia, seorang Nabi dan Rasul bernama Muhammad bin Abdullah sebagai rahmat bagi semesta alam.

Dalam peringatan Maulid Nabi ini biasanya diadakan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti pembacaan shalawat Nabi, pembacaan syair Barzanji dan pengajian. Bagi prajurit TNI yang tergabung dalam kontingen garuda unifil 2014, peringatan maulid Nabi pada tahun ini mungkin sedikit berbeda karena dilaksanakan di daerah operasi.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H yang dilakukan oleh kontingen Garuda Unifil Lebanon diselenggarakan di Rubb Hall Soedirman Camp pada Senin Malam tanggal 13 Januari 2014. Acara ini dihadiri oleh Komandan Kontingen Garuda Unifil 2014 Kolonel Inf Adipati Karna, Komandan MTF (Maritime Task Force) Kolonel laut (P) Retiono Kunto, Staf Officer (SO) Unifil, para Dansatgas dan seluruh perwira, bintara serta tamtama yang berada di Soedirman Camp.

Tema yang diusung dalam Acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H yaitu “ Dengan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, 1435 H Kita Teladani Sifat Dan Akhlak Mulia Baginda Nabi Muhammad SAW Demi Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan Prajurit TNI Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Tercapainya Tugas – Tugas Pokok di Daerah Operasi.”

Acara ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Qori’ kopda Nuryanto dilanjutkan dengan Saritilawah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan komandan kontingen. Dalam sambutannya komandan kontingen mengatakan bahwa dengan semangat maulid Nabi mari kita pererat sersatuan dan persaudaraan dalam menghadapi tugas. Contoh dan teladani sifat-sifat serta kepemimpinan Nabi Muhammad dalam pelaksanaan tugas kita sehari-hari. Komandan kontingen juga menambahkan bahwa hikmah dari Maulid Nabi ini terletak pada bagaimana cara kita memperingatinya, yaitu dengan cara memperbanyak shalawat Nabi.

Acara selanjutnya di dilaksanakan pengajian serta doa bersama kemudian dilanjutkan dengan Tausyiah agama yang disampaikan oleh Kapten Laut (E) Tri Setiyo. Dalam ceramahnya penceramah mengatakan bahwa acara ini sebagai wadah untuk mempererat silaturrahmi seluruh prajurit serta untuk meningkatkan moril prajurit TNI dalam menjalankan tugas di Lebanon.

Tujuan dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah untuk membangkitkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Diantaranya banyak menyebut manaqib (kisah hidup) dan kepribadian beliau yang mulia, menjalankan sunnah-sunnahnya yang agung, dan banyak bershalawat kepadanya. Sepatutnya kita selaku umatnya selalu bersholawat kepada nabi. sebagai bentuk kecintaan kita kepada nabi. bersholwat ketika duduk, berdiri ataupun berjalan. Bersholawat Ketika pagi siang sore maupun malam. Kita berharap semoga dengan peringatan maulid nabi ini menambah kecintaan kita kepada nabi dan kembali bersemangat menjalankan sunnah-sunnahnya yang agung. Selesai caramah, kemudian acara diakhiri dengan shalat Isya berjamaah. (Lettu Chb Edi Muldani Fahmi/ MCOU XXX-D/UNIFIL)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kontingen Garuda UNIFIL 2014 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H Dengan Hikmat