TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Malam Ramah Tamah KSAD bersama Gubernur Kalbar

By 20 Jan 2014 23:57Kodam XII/Tanjungpura
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

KSAD-Ramah Tamah Gub 

Pontianak- Pulau Kalimantan begitu luas merupakan salah satu wilayah yang sangat strategis kaya akan berbagai potensi sumber daya alam, seperti bauksit, uranium, minyak bumi, batu bara, berbagai hasil hutan tentu semuanya itu merupakan modal dalam pembangunan ekonomni Indonesia.
Namun dibalik itu wilayah Kalimantan khsusunya Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia (Sarawak) juga mengandung berbagai potensi kerawanan, sehingga memerlukan pengamanan yang serius, baik bidang keamanan maupun ekonomi sosial budaya.

Untuk menjaga dan mengatasi berbagai persoalan yang terjadi sekitar wilayah perbatasan khususnya Kalbar-Sarawak, maka kehadiran dan keberadaan Kodam XII/Tanjungpura sangat strategis dalam rangka memberi keamanan wilayah NKRI khususnya Kalimantan Barat, “ungkap Gubernur dalam sambutan tertulisnya dibacakan Sekretaris Daerah Drs.M.Zeet Hamdy Assovie,MTM pada jamuan makan malam di Pendopo Gubernur belum lama ini.

Menurut Gubernur, berbagai kasus yang terjadi seperti illegal logging, illegal trading, illegal mining dan traffcking (perdagangan anak dan perempuan) diwilayah perbatasan, merupakan kasus-kasus yang perlu mendapat perhatian dan tindak lanjut dari semua pihak, hal tersebut guna menjaga agar kedaulatan dan pembangunan yang dilaksanakan khsusunya diwilayah Perbatasan dapat berjalan seperti yang diharapkan,”ungkap Cornelis.

Pemerintah Provinsi Kalbar bersama pimpinan TNI dan Polri telah berupaya dan mengajukan usul ke Pemerintah Pusat, agar pembangunan infrastruktur di wilayah perbatasan mendapatkan perhatian dan prioritas , serta dukungan pembiayaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan. Dengan peningkatan kesejahteraan tersebut, diharapkan dapat mengurangi berbagai tindakan illegal dan semakin menumbuhkan kesadaran dan jiwa patriotisme di kalangan masyarakat perbatasan, “jelas Cornelis.

Pemerintah sangat berterima kasih kepada pimpinan TNI khsusnya TNI Angtan Darat, karena keberadaan Kodam XII/Tanjungpura di Kalbar tidak hanya sekedar menjadi kebanggaan, tetapi banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh Pimpinan dan Jajajaran TNI termasuk Kodam XII/ Tanjungpura, hal tersebut ternyata bersentuhan langsung dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat termasuk diantaranya Operasi Bhakti masyarakat serta TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

Selain bertugas mengamankan wilayah perbatasan, Satgas Pamtas tersebut melakukan bhakti sosial berupa pengobatan massal secara gratis yang diperuntukan ribuan masyarakat bermukim diwilayah perbatasan, yang terdapat di 5 (lima) Kabupaten Kalbar, “ tegas Cornelis.

Sementara itu Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Budiman mengatakan, kehadirannya di Kalbar merupakan reuni pulang kampung, karena pernah bertugas di wilayah Anjongan Kabupaten Pontianak, tentu tidak asing lagi Kalbar bagi dirinya, meskipun sekarang telah menduduki sebagai Kepala Staf TNI AD.

Lanjut Budiman, dulu, jelasnya “pernah selama 3 tahun bertugas memimpin pasukannya untuk membangun Jalan Trans Kalimnantan, hutan belukar serta kondisi alam berawa, sehingga sempat menjadi kendala serta kesulitan pasukan yang dipimpinan dalam merintis jalan Trans Kalimantan, tapi semua itu dapat dikerjakan dengan semangat kebersamaan serta jiwa keprajuritan TNI dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga hasilnya sekarang dapat dinikmati masyartakat Kalbar, Berbagai pengalaman yang didapat di Kalbar merupakan semangat dan modal dalam hidup dan karier untuk dijadikan acuan serta guru yang sangat berharga,” Jelas Budiman.

Pada acara tersebut hadir Pangdam XII/Tanjungpura, Anggota Forkorpimda, para Kepala SKPD, Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN, kegiatan dilanjutan dengan tukar Cendramata dari Jenderal TNI Budiman kepada Gubernur Kalbar yang diterima Sekretaris Daerah. acara juga dihadiri para Asisten, Kabalak Jajaran Kodam XII/Tpr, Ketua Umum Persit KCK, Ketua Persit KCK PD XII/Tpr, Wakil Ketua beserta Anggota, Tokoh Masyarakat, Agama, dan Pemuda Kalbar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Malam Ramah Tamah KSAD bersama Gubernur Kalbar