TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Menteri Agama RI Lepas Gerak Jalan Kerukunan Beragama, Silaturahmi dan Launching Produk Halal di Kota Ambon

By 13 Jan 2014 17:07Kodam XVI/Patimura
Gerak Jalan Kerukunan 2

“Kasdam Brigjen TNI Torry Johar bersama Prajurit dan PNS Kodam ramaikan gerak jalan kerukunan umat beragama dan launching produk halal Provinsi Maluku”.

Menteri Agama Dr. H. Suryadharma Ali, M. Si melepas keberangkatan gerak jalan kerukunan agama yang terdiri dari semua pejabat provinsi, kotamadya, para tokoh pemuka agama, adat, elemen masyarakat dan gabungan TNI-POLRI dan PNS seluruh kota Ambon. Acara ini berlangsung cukup meriah yang diikuti kurang lebih sekitar 20 ribu peserta. Bertempat di Lapangan Merdeka Ambon. Minggu (11/01) pagi.

Pelestarian kerukunan umat beragama harus terus dilakukan agar persatuan dan persaudaraan di antara seluruh elemen bangsa Indonesia tetap kokoh. Kerukunan antar umat beragama juga harus terus dibangun untuk mengantisipasi adanya perpecahan menghadapi suhu agenda politik 2014 yang mulai menghangat. Hal itu dikatakan Menteri Agama Suryadharma Ali di hadapan lebih dari 20 ribu peserta Gerak Jalan Kerukunan Umat Beragama kota Ambon.

Selain itu dalam acara tersebut Menteri Agama mengatakan “Menjelang 2014, kompetisi sangat ketat, ada pemilihan capres dan cawapres anggota DPR dan DPRD. Kompetisi yang keras jangan sampai membuat demokrasi berbuah bencana, jangan sampai chaos,” kata Suryadharma.

Dia berharap, tidak ada percekcokan antar agama yang terjadi akibat agenda politik tersebut. Dia juga mengajak tokoh masyarakat dan agama serta elemen Forum Kerukunan Umat Beragama berada di garis terdepan untuk menjaga persaudaraan Indonesia. “Semoga 2014 ini dapat dilalui dengan sebaik-baiknya, jangan dijadikan ajang adu domba sehingga demokrasi bisa berjalan dengan baik, sehingga Indonesia bisa bersatu,” tegasnya. Beliau menambahkan, kerukunan menjadi tanggung jawab bersama sebagai modal dasar bagi masyarakat untuk menciptakan kehidupan yang adil dan sejahtera disegala bidang.

Diselenggarakannya gerak jalan ini, dimaksudkan sebagai bentuk pelestarian nilai kerukunan karena juga diikuti oleh tokoh dan masyarakat lintas agama. “Bukan berarti kerukunan kita ada masalah, tapi justru agar tetap terjaga, tidak ada pembangunan tanpa kerukunan, tidak ada kebersamaan tanpa kerukunan, tidak ada persatuan tanpa kerukunan, dan tidak ada perdamaian tanpa kerukunan,” ujar Suryadharma Ali. Kehadiran  Menteri Agama Dr. H Surya Dharma Ali pada acara gerak jalan tersebut menjadi perhatian para peserta maupun masyarakat sekitar. Bapak Surya Dharma Ali pun melambaikan tangan menyambut antusias warga yang ingin mendekat.

Pelepasan Balon dan burung merpati diudara menandai pula pelepasan peserta gerak jalan kerukunan start dimulai di depan jalan Lapangan Merdeka sampai dengan Gedung Islamic Center, setelah itu dilanjutkan Lounching produk halal oleh Menteri Agama. Pada acara tersebut di tribun tamu undangan tampak Pejabat Gubernur Maluku Saut Situmorang, Walikota Ambon Richard Louhanapesy, Ketua MUI H. Idrus E, Ketua Sinode Bpk. John. Cris Ruhulesin, Ketua Uskup Amboina Mgr P C Mandagi MSC Ketua Walubi Wilhelmus Jauwerissa, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Maluku I Wayan Sutapa, Kasdam XVI/Ptm Brigjen TNI Torry Johar, Kapolda Maluku Brigjen Polisi Murad Ismail, Danlantamal IX Laksma TNI Asep Burhanudin dan Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Yulianta. (Pendam XVI/Pattimura)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Menteri Agama RI Lepas Gerak Jalan Kerukunan Beragama, Silaturahmi dan Launching Produk Halal di Kota Ambon