TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM PIMPIN APEL GABUNGAN ANTISIPASI ANCAMAN BENCANA ALAM BANJIR DAN TANAH LONGSOR DI WILAYAH PAPUA

By 24 Jan 2014 23:51Kodam XVII/Cenderawasih
muhajir

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M memimpin apel gabungan dalam mengantisipasi ancaman bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah Papua pada Jumat 24 januari 2014 bertempat di halaman kantor Gubernur.

Dalam amanatnya Pangdam XVII/Cenderawasih menyampaikan Rangkaian bencana alam yang terjadi baik yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam telah menimbulkan penderitaan masyarakat yang begitu dalam. Bencana alam juga telah mengakibatkan kerusakan lingkungan dan infrastruktur seperti jalan, jembatan, sekolah-sekolah dan perumahan penduduk serta yang lebih memprihatinkan kita semuanya adalah terenggutnya banyak jiwa manusia. Kejadian-kejadian tersebut mengingatkan kepada kita semua untuk selalu waspada bahwa bencana alam tidak mengenal siapa dan dimana terjadinya.

Oleh karenanya, pada kesempatan apel gabungan ini saya mengingatkan pada kita semua untuk mengantisipasi bencana alam secara dini, menyelenggarakan persiapan-persiapan yang diperlukan sebagai Mitigasi dan juga Kontijensi terhadap berbagai bencana yang mungkin akan melanda wilayah teritorial kita. Persiapan perencanaan dapat dimulai dengan melakukan Inventarisasi terhadap kekuatan baik sumber daya manusia maupun sumber daya teknologi. Lebih jauh manajemen sumber daya yang mungkin dapat diandalkan dalam kepemimpinan di saat kritis bisa merujuk pada manajemen komando, sedangkan metoda-metoda pertolongan pertama dapat merujuk pada manajemen operasional gawat darurat yaitu bersifat penyelamatan bagi yang tertimpa bencana. Hal ini penting dipahami untuk menghindari terjadinya kepanikan dalam kegiatan penanggulangan yang justru akan menghambat kecepatan penyampaian pertolongan pertama yang sangat kritikal. Selain itu, pemetaan daerah-daerah rawan bencana harus diperhitungkan dengan matang dan lengkap termasuk rencana kontijensinya, sehingga kecepatan bantuan dapat lebih optimal. Ingat peringatan dini terhadap bencana tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pemahaman dan kesadaran dari seluruh komponen tentang pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana, karena kesiapsiagaan merupakan kata kunci sekaligus tantangan dalam menghadapi bencana alam yang tidak terduga dan dalam keadaan darurat.

Saya berharap ditingkat Kabupaten/Kota juga dilaksanakan hal yang serupa. Adakan koordinasi antara Dandim, Kapolres dan Bupati/Walikota, sehingga apabila terjadi bencana yang secara tiba-tiba kita semua sudah siap dari tingkat Provinsi sampai dengan Kabupaten/Kota untuk antisipasinya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Provinsi Papua, Kapolda Papua, Kepala BNPBB, serta para pejabat TNI, Polri, Provinsi Papua.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM PIMPIN APEL GABUNGAN ANTISIPASI ANCAMAN BENCANA ALAM BANJIR DAN TANAH LONGSOR DI WILAYAH PAPUA