TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XII/Tpr Resmikan Klinik Pratama Kubu Raya

By 21 Jan 2014 02:45Kodam XII/Tanjungpura
P5-Resmikan Klinik

Kubu Raya. “Peresmian Klinik Pratama Kubu Raya Kesehatan Kodam XII/Tanjungpura” guna melayanai prajurit, PNS, beserta keluarga dan masyarakat Kubu Raya dibuka. Klinik yang terletak di Jalan Adisucipto Kabupaten Kubu Raya diresmikan oleh Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Ibrahim Saleh, acara didampingi Kakesdam XII/Tpr Kolonel Ckm, dr. Damar Ario S. Sp.B.Fin Cs dan Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya ditandai dengan Penanda Tanganan Prasanti dan pemotongan pita peresmian Senin (20/01).

Kakesdam XII/Tpr Kolonel Ckm, dr. Damar Ario S. Sp.B.Fin Cs mengatakan berdasarkan UU Republik Indonesia No. 24 Tahun 2011 dan Perpres jaminan kesehatan No.12 Tahun 2013 tentang pelaksanaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Kesehatan. Didalam kesepakan bersama antara Kemhan dan TNI dengan PT. ASKES tentang pengalihan pelayanan kesehatan dan pemanfaatan bersama fasilitas kesehatan yang dikelola Kemhan dan TNI serta BPJS.

Dr. Damar juga menegaskan segala biaya yang timbul berkenaan dengan pelaksanaan kesepakatan bersama ini dibebankan kepada para pihak secara proporsional. Pada masa transisi pemanfaatan pelayanan kesehatan menggunakan Kartu Anggota TNI sedangkan masyarakat Kubu Raya menggunakan KTP.

Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Ibrahim Saleh juga mengatakan, di negara kita saat ini juga diberlakukan sistem jaminan sosial Nasional atau yang di singkat dengan (SJSN), dengan adanya sistem yang baru ini dalam implementasinya tidaklah mudah, diperlukan suatu perangkat regulasi dan aspek teknis operasional yang harus disiapkan secara matang. Untuk bidang kesehatan dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-kesehatan) yang diatur dalam undang-undang Nomor 24 tahun 2011.

Atas dasar tersebut diatas, Kemenhan RI dengan PT. Askes Indonesia (Persero) telah membuat kesepakatan bersama Nomor : KB/04/ M/VII/ 2013 dan Nomor : 0178/KTR/0713 tentang pengalihan program pelayanan kesehatan dan penempatan bersama Fasilitas kesehatan yang dikelola oleh Permenhan RI dan TNI kepada BPJS kesehatan. Menyikapi hal tersebut, pada hari ini akan dilakukan persemian PPK-I Kubu Raya Kesdam XII/Tpr dengan harapan pelayanan kesehatan kepada prajurit, PNS dan keluarganya menjadi lebih baik dengan mengacu kepada sistem kesehatan Nasional.

Saya berharap dengan diresmikannya PPK-I ini akan memberikan pelayanan secara optimal guna memberikan berbagai kemudahan bagi keluarga besar prajurit, PNS dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan serta dapat meningkatkan responsive terhadap harapan masyarakat. Dalam hal ini prajurit, PNS dan masyarakat puas terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan Kesdam XII/Tpr. Selanjutnya kepada anggota Kesdam sekalian, mengingat gedung ini cukup baik dan representatif, agar dipelihara dan dirawat dengan baik, juga kebersihan dan mutu pelayanannya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XII/Tpr Resmikan Klinik Pratama Kubu Raya