Skip to main content
Berita Satuan

Pertina-Kodam VII Wirabuana gelar kejuaraan Piala Pangdam

Dibaca: 441 Oleh 09 Jan 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Rabu, 8 Januari 2014 18:13 WIB | 2521 Views, (ANTARA News) – Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Kodam VII Wirabuana menggelar Kejuaraan Tinju Piala Pangdam di Makassar, pada bulan Februari mendatang.

Sekretaris Umum Pertina Sulsel Abdi Amahoru, di Makassar, Rabu, mengatakan untuk kejuaraan ini bersifat regional sehingga memungkinkan akan diikuti pula perwakilan petinju dari Kawasan Timur Indonesia (KTI).

“Kami tentu menyambut gembira jika peserta yang hadir bukan hanya dari Sulsel. Untuk waktunya sendiri belum kita tetapkan namun kita rencanakan Februari 2014. Ini juga sebagai komitmen kami bersama Kodam VII Wirabuana untuk perkembangan tinju Sulsel,” katanya.

Saat ini, kata dia, pihaknya terus mematangkan persiapan termasuk mengundang sejumlah perwakilan atau sasana tinju yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel serta KTI. “Kejuaraan ini juga cocok sebagai ajang uji coba sebelum tampil di Porda XV Bantaeng 2014. Kami juga optimistis kejuaraan ini akan diikuti banyak peserta,” jelasnya.

Lebih jauh, Pengprov Pertina Sulsel juga akan segera mengumumkan nama atlet yang dinyatakan berhak tampil di Porda, 10 Januari 2014. Pertina Sulsel sebelumnya telah memutuskan akan mendiskualifikasi petinju yang tidak bisa memperlihatkan ijazah meski telah lolos pada babak kualifikasi di Makassar, 28-30 Desember 2013.

Baca juga:  Panglima TNI : Interoperabilitas Faktor Penentu Membangun Postur TNI yang Profesional

Mengenai persyaratan yang diajukan, kata dia, merupakan upaya Pertina Sulsel untuk menghindari terjadinya pencurian umur. “Ada sejumlah petinju belum melengkapi administrasi sebagai syarat layak tidaknya tampil di Porda 2014. Selain ijazah, kita juga meminta menyetorkan akta kelahiran. Namun khusus syarat yang satu ini sudah tidak ada masalah,” katanya.

Pada praporda 2013, Kabupaten Takalar menjadi peserta yang berhasil meloloskan paling banya atlet ke Porda yakni 14 petinju. Selanjutnya ditempati Kabupaten Tana Toraja dan Parepare yang masing-masing meloloskan sebanyak tujuh petinju. Namun demikian, pihaknya menyatakan jika jumlah tersebut bisa saja berubah tergantung hasil evaluasi yang dilakukan tim teknik Pertina Sulsel.

Pengprov Pertina Sulsel, sambung dia, juga masih menyiapkan lima kuota wild card yang akan diberikan kepada sejumlah daerah. Untuk petinju yang berhak mendapatkan wild card sendiri, kata dia, akan ditentukan berdasarkan sejumlah pertimbangan seperti penampilan petinju hingga kualitas lawan yang dihadapi.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel