TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit dan PNS Makodam IM Terima Peyuluhan HIV/AIDS

By 08 Jan 2014 14:29Kodam Iskandar Muda
aids pnyuluhan

Seluruh prajurit dan PNS Makodam IM menerima penyuluhan HIV/AIDS dari Tim Kesdam IM pada tanggal 06 Januari bertempat di Aula Balai Teuku Umar Makodam IM. Pada acara tersebut yang memberikan penyuluhan adalah Dokter Umum Kesdam IM Dr Elvi.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Elvi menyampaikan berbagai hal mengenai penyakit mulai dari pengertian HIV, tanda-tanda pengidap HIV dan cara mencegah dari bahaya HIV AIDS.

HIV adalah virus yang membunuh sel darah putih di dalam tubuh. Sel darah putih berfungsi membantu melawan infeksi dan penyakit (bakteri, virus lain, parasit) yang menyerang masuk ke dalam tubuh. HIV menular melalui : Seks bebas, jarum suntik, ibu ke anaknya bagi ibu penderita HIV yang sedang mengandung. HIV didapatkan di darah, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu.

Selanjutnya menurut Dr Elvi Gejala AIDS ada 2 meliputi Gejala mayor dan gejala minor.

Gejala mayor antara lain Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan, Diare kronis lebih dari 1 bulan, Penurunan berat badan lebih dari 10 % dalam 3 bulan, Penurunan kesadaran & gangguan neurologis

Gejala minor antara lain, Batuk menetap lebih dari 1 bulan, Pembesaran kelenjar (di leher, ketiak, lipatan paha), Infeksi jamur pada mulut dan tenggorokan, Bercak merah kebiruan pada kulit ( kanker kulit).

Cara melindungi diri dari HIV AIDS antara lain menjauhi seks bebas/hedonistic, Baku setia atau setia dengan dengan satu pasangan yang tidak terinfeksi, Cegah dengan kondom, Penggunaan kondom secara tepat dan konsisten pada setiap kegiatan seksual dapat melindungi dari penularan HIV ataupun IMS lain dan jangan berbagi jarum suntik atau pakai alat suntik tak steril yang digunakan untuk menyuntik NAPZA, steroid, vitamin atau mentato atau menusuk tubuh (body piercing).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit dan PNS Makodam IM Terima Peyuluhan HIV/AIDS