TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Sidak PAM Akmil Menelusuri Pengunaan Norkoba

By 09 Jan 2014 18:48Akademi Militer
sidak akmil

Lembah Tidar, (8/1).  Dalam rangka mencegah masuknya sindikat gelap narkoba dan peredarannya di Akmil, Bagian Pengamanan Akmil (Bagpam) menelusuri penggunaan narkoba oleh Organik Akmil khususnya melaksanakan sidak ke Dendemonlat Akmil.  Sebelumnya seluruh anggota dan pejabat Bagpam Akmil diambil urine-nya oleh BNP Provinsi Jateng sebagai bagaian dari program P4GN (Penetapan Target Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). Ternyata hasilnya, tidak seorangpun pejabat Bagpam yang teridentifikasi sebagai pengguna Narkoba dari tes urine yang dilakukan oleh BNP Jateng.

Segera sesudah BNP menyampaikan anggota dan Pejabat Bagpam Akmil bebas dari narkoba, maka sidak dilaksanakan ke Dendemonlat yang dipimpin langsung oleh Kabagpam Akmil Letkol Inf Haryoto.  Urine kemudian diambil hari ini terhadap 76 orang prajurit Dendemonlat oleh kesehatan Akmil. Urine yang diambil tersebut kemudian diteliti oleh tim analis dari BNP Jateng dan Kesehatan Akmil, hasilnya “ tidak satupun prajurit Dendemonlat yang terdidentifikasi sebagai pengguna Narkoba, alias hasilnya negatif”. Adapun prosedur pemeriksaan meliputi wawancara, pengambilan urine dan dilanjutkan dengan penelitian urine oleh Tim Dokter dari Kesehatan Akmil dan BNP Jateng, sehingga tidak diragukan lagi bahwa organik khususnya prajurit dan PNS Dendemonlat bebas dari zat berbahaya tersebut.

Menurut Letkol Inf Haryoto, bahwa idak pertama ini hasilnya sangat menggembirakan karena dapat dipastikan bahwa sidak yang dilakukan ini sebagai sarana yang baik untuk mengetahui prajurit yang menggunakan narkoba oleh karena dilakukan tanpa disadari atau bersifat rahasia.  Tetapi ternyata, belum ada seorangpun prajurit Akmil yang kedapatan menyalahgunakan atau sebagai pengguna narkoba.  Ia berharap bahwa sidak yang akan dilakukan untuk semua personil Akmil baik militer maupun PNS  selanjutnya juga mendapat hasil yang sama sebagaimana hasil yang di dapat hari ini, “sahutnya”. Menutup perbincangannya, Kabagpam menyampaikan  bahwa pemberantasan narkoba di kalangan organik dan PNS Akmil merupakan bagian dari program kerja Bagpam Akmil di tahun 2014 ini.  Oleh karena itu, mereka akan konsen dan secara progresif, intensif, terencana, terarah serta rahasia akan melaksanakan sidak sewaktu-waktu ke setiap satuan di jajaran Akademi Militer.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Sidak PAM Akmil Menelusuri Pengunaan Norkoba