TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS BAGI PRAJURIT DAN PNS JAJARAN KOREM 171/PVT

muhajir

Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS dikalangan prajurit dan PNS, Korem 171/PVT bekerjasama dengan Yayasan Sosial Agustinus Sorong melaksanakan sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS bagi prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT yang disampaikan oleh dr. Luis selaku Ketua Tim, dr. Hendra sebagai anggota Tim, dihadiri oleh Danrem 171/PVT Brigjen TNI Djoko Subandrio, para Kasi Korem 171/PVT, para Dansat dan Ka Balak Aju jajaran Korem 171/PVT, Wakil Ketua Persit KCK Koorcabrem 171 Ny. Ali Hamdan Bogra beserta pengurus bertempat di Aula Praja Vira Tama Korem 171/PVT Jl. Pramuka No. 1 Sorong-Papua Barat, Selasa (21/1).

Dalam sambutan Danrem 171/PVT Brigjen TNI Djoko Subandrio mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV dan AIDS bagi prajurit dan PNS jajaran Korem 171/PVT ini yaitu untuk membangun kesepakatan dan peran serta satuan jajaran Korem 171/PVT untuk peduli terhadap Epidemic HIV dan AIDS dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan pencegahan dan penanggulangan penularannya. Melalui kegiatan ini diharapkan, agar para peserta sosialisasi dapat memperoleh pemahaman dengan baik, serta mampu berperan aktif dalam menghadapi permasalahan dan sekaligus dapat membantu memberikan solusi pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS bagi prajurit dan PNS di jajaran Korem 171/PVT.

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa penyakit HIV dan AIDS termasuk penyakit yang menyebabkan angka kematian yang sangat tinggi dan sampai saat ini belum ada obat untuk dapat menyembuhkannya hanya tindakan pencegahan yang dapat dilaksanakan antara lain yaitu dengan cara:
1. Hindari seks bebas, apalagi bila belum berkeluarga atau jauh dari keluarga.
2. Bersikap setia pada satu pasangan.
3. Gunakan kondom, bila terpaksa melakukan hubungan seksual.
4. Jangan sekali-kali memakai Drug/Narkoba, apalagi dengan cara menyuntik.
5. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan dengan menjalankan kewajiban agamanya masing-masing.

Perlu disampaikan disini, bahwa dalam pelaksanaan Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di jajaran Korem 171/PVT bersifat membantu dan bukan untuk mengambil alih tanggungjawab dari instansi terkait. Oleh karena itu sangat diperlukan adanya koordinasi yang baik antara pihak-pihak terkait baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan sosialisasi, pencegahan, penanggulangan HIV dan AIDS agar kegiatan tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya dan dapat mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan.

Untuk itu, manfaatkan kegiatan sosialisasi ini sebagai wahana untuk memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing sehingga tercipta keterpaduan dalam pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS di wilayah Korem 171/PVT. Dalam kegiatan sosialisasi ini, nara sumber akan menyampaikan penjelasan tentang bagaimana cara mengurangi dan menghindari penularan penyakit HIV dan AIDS, disertai dengan aplikasinya. Untuk itu diharapkan bagi para peserta agar lebih cermat untuk mengikuti penjelasan ini.

Bagi anggota yang belum mengerti atau kurang jelas dalam menerima materi yang disampaikan oleh para nara sumber, hendaknya jangan ragu-ragu untuk bertanya, karena pada kesempatan inilah para prajurit dan PNS sekalian dapat memperdalam dan meningkatkan pengetahuan tentang HIV dan AIDS. Kepada para nara sumber diharapkan dapat memberikan penjelasan kepada para peserta secara detail dan dengan bahasa yang sederhana sehingga peserta dapat menerima dan memahami materi tersebut dengan baik serta dapat mengeleminir tentang timbulnya bahaya HIV dan AIDS. (Penrem 171/PVT).

 

 

 

 

 

 

 

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam V/Brawijaya Kodam IX/Udayana Puspen TNI Kodam II/Sriwijaya Artikel Tips Kesehatan Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS BAGI PRAJURIT DAN PNS JAJARAN KOREM 171/PVT