TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TELECONFERENCEPANGDAM XVII/CENDERAWASIH DENGAN KEPALA STAF ANGKATAN DARAT

By 21 Jan 2014 06:29Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_1873

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua. M.M melaksanakan teleconferencetentang penanggulangan bencana alam diwilayah Kodam XVII/Cenderawasih dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman bertempat di Ruang Rapat Puskodalops Kodam XVII/Cenderawasih. Senin, 20/01/14

Dalam kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan bahwa wilayah Kodam XVII/Cenderawasih dalam keadaan aman dan terkendali. Cuaca cenderung sering hujan namun tidak terlalu lebat. Seluruh wilayah belum ada yang mengkhawatirkan terjadi bencana alam. Memang pada awal bulan Januari terjadi longsor diwilayah Jayapura tetapi sudah teratasi dengan pelibatan anggota TNI. Diperkirakan ancaman bencana banjir terjadi dikabupaten Keerom, Jayapura, Merauke dan Sorong. Sedangkan bencana tanah longsor diperkirakan terjadi di Jayapura dan Tembagapura,sementara banjir bandang di Wasior. Untuk mengatisipasi bencana yang terjadi, Pangdam sudah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Kodam beserta jajaran dan BPBD sudah mengorganisasikan penanggulangan bencana disertai dengan perlengkapan-perlengkapan yang telah disiapkan seperti truk, ambulance, tenda peleton, tenda kesehatan, dapur lapangan, dan alat berat dari Detasemen Zeni Tempur.
Selain menyampaikan penanggulangan bencana, Pangdam juga melaporkan keberhasilan prajurit TNI melumpuhkan 2 anggota kelompok separatis di Timika dan mendapat 1 pucuk senjata api.Selain itu, situasi wilayah Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat pasca bentrok antar suku yang terjadi pada tanggal 29 Desember 2013dilaporkan sudah kondusif. Pangdam, Kapolda dan Gubernur membuat suatu Deklarasi Perdamaian yang diikuti ribuan orang dari 58 suku yang ada di Manokwari dengan kesepakatan damai. Terkait kunjungan Presiden ke Mansinam yang direncanakan tanggal 5 Februari 2014, Pangdam menyampaikan pembangunan jalan lingkar Pulau Mansinam sudah mencapai 90%.
Kepala Staf Angkatan Darat menyampaikan bahwa Kodam XVII/Cenderawasih harus bekerjasama dengan pemerintah daerah bertugas memberikan prioritas pada pembangunan kesejahteraan dan pendidikan masyarakat Papua.“Jadi kita harus mengajak saudara-saudara kita untuk lebih maju dan lebih sejahtera, perlakukan secara adil dan baik, tetapi kalau mereka bersenjata itu harus diatasi sesuai dengan perundang-undangan.’’ Tegas Kasad.
Turut hadir pada acarateleconference tersebut, Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Hinsa Siburian, para Asisten, Dansat dan Kabalak jajaran Kodam XVII/Cenderawasih.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TELECONFERENCEPANGDAM XVII/CENDERAWASIH DENGAN KEPALA STAF ANGKATAN DARAT