TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI ANGKATAN DARAT BANTU WARGA PENGUNGSI KORBAN BANJIR JAKARTA

By 27 Jan 2014 17:41Dinas Penerangan
Kasad Banjir

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman beserta puluhan pejabat teras TNI Angkatan Darat lainnya memberikan bantuan logistik berupa bahan pokok kepada ribuan pengungsi korban banjir di berbagai titik pengungsian di wilayah Jakarta dan Bekasi, Minggu (26/1). Penyerahan bantuan tersebut terbagi dalam enam kolompok, dilaksanakan secara serentak di berbagai sasaran yang sampai saat ini merupakan wilayah terparah akibat banjir.    

Dalam pelaksanaan pembagian bahan pokok tersebut, kelompok satu dipimpin oleh Kasad beserta rombongan dengan sasaran Kelurahan Bukit Duri Kecamatan Tebet dengan pengungsi sebanyak 591 orang dan Kampung Pulo Kecamatan Kampung Melayu sebanyak 591 orang. Kelompok dua dipimpin oleh Kaskostrad, Mayjen TNI Indra Hidayat dan rombongan dengan sasaran Desa Pantai Timur Kabupaten Bekasi dengan pengungsi sebanyak 1.524 orang, Kelompok tiga dipimpin oleh Dankodiklat, Letjen TNI Lodewijk F. Paulus beserta rombongan dengan sasaran Perum Mutiara Pluit, Kec Priuk, dengan pengungsi sebanyak 1461 orang. Kelompok empat dipimpin oleh Danpusterad, Mayjen TNI Zahari Siregar beserta rombongan dengan sasaran Kecamatan Cabang Mungin Kabupaten Bekasi dengan pengungsi sebanyak 10.197 orang. Kelompok lima dipimpin oleh Irjenad, Mayjen TNI Nugroho Widyotomo beserta rombongan dengan sasaran Desa Pantai Mekar Kabupaten Bekasi dengan pengungsi sebanyak 13.805  orang. Kelompok enam dipimpin oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo beserta rombongan dengan sasaran Desa Samudera Jaya Kabupaten Bekasi dengan pengungsi sebanyak 1.504 orang.

Kasad mengatakan bahwa penyerahan bantuan logistik tersebut sebagai rasa kepedulian TNI Angkatan Darat terhadap masyarakat yang terkena korban akibat banjir di sekitar areal lokasi bantaran sungai di Jakarta dan Bekasi. “Kami menyadari salah satu tugas TNI AD sesuai UU TNI Nomor 34 Tahun 2004 terkait penanggulangan bencana dan kami berusaha semaksimal mungkin untuk membantu meringankan penderitaan masyarakat yang terkena dampak bencana banjir tersebut, ungkapnya.

Meski banjir yang sempat menggenangi berbagai wilayah di Jakarta mulai surut, warga belum sepenuhnya dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, TNI Angkatan Darat menyalurkan bantuan di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya yang masih menempati tempat pengungsian.

Usai menyerahkan bantuan Kasad melaksanakan peninjauan dan bertatap muka dengan para pengungsi korban banjir di kelurahan Bukit Duri Jakarta Selatan dan Kampong Pulo Jakarta Timur.

Adapun bantuan logistik terhadap para pengungsi korban banjir tersebut, berupa bahan pokok antara lain :  Mie instan 4881 Dos, Beras 20.855 Kg, Air mineral 1539 Dos, Biskuit 1156, Roti 500 buah Dos, Minuman ringan 940 Dos, Susu 480 Kotak, Pampers 481 Dos, Minyak goreng 5.296 Liter, Gula pasir 8 Karung, Pakaian 300 Buah, Selimut 200 Helai, Bubur 153 Kotak, Telur Ayam 6.500 butir, Sarden 54 Dos, Minuman supplemen 160 Dos, Teh 352 Kotak dan lainnya.perlengkapan bseragam sekolah dan lainnya. Seluruh material tersebut dibawa serentak dengan menggunakan 20 truk TNI Angkatan Darat dari Komplek PATI TNI AD, Kuningan ke berbagai sasaran titik pengungsian.(Dispenad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI ANGKATAN DARAT BANTU WARGA PENGUNGSI KORBAN BANJIR JAKARTA