TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

TNI Dirindukan Rakyat

By 30 Jan 2014 17:26Kodam XII/Tanjungpura
muhajir

Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura menggalar Apel gabungan Satuan TNI dalam menghadapi dan mengatasi bencana diwilayah Kalimantan Barat, upacara dipimpin Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI M. Anang Sutisna, S.E. Hadir dalam upacara tersebut, para Asisten Kasdam, LO AL dan LO AU, para Komandan Satuan, para Kabalak Kodam, Kapolresta Pontianak, Kepala BPBD, Komandan Satpol PP, Kepala SAR Pontianak, Ketua FKPPI, Ketua PPM dan Unsur Masyarakat di lapangan Upacara Makodam XII/Tanjungpura, Rabu (29/1).

Kasdam membacakan amanat Pangdam XII/Tpr bahwa, bencana alam yang terjadi di muka bumi ini tentunya ada penyebabnya, salah satunya adalah akibat dari pemanasan Global ( global warming) dan juga akibat aktivitas manusia itu sendiri, sehingga dampaknya terhadap kita semua, disadari maupun tidak bahwa bencana yang melanda sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini, mulai dari banjir, tanah longsor, angin puting beliung, gelombang laut yang tinggi, gunung meletus, hingga gempa bumi, ini diakibatkan karena dari proses global warming, sehingga membuat sebagian besar wilayah Indonesia dalam kondisi darurat bencana.

Lanjut, Kalimantan dulu hutannya belum terjamah oleh manusia dan kelestariannya masih terjaga dengan baik sehingga begitu sejuknya iklim di wilayah ini, namun di era globalisasi ini tidak sedikit tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab, merusak hutan-hutan kita, illegal loging terjadi dimana-mana, kebakaran hutan dan lain sebagainya, sehingga yang terjadi di Kalimantan adalah bencana banjir yang melanda di sejumlah daerah seperti Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Landak, Mempawah, Singkawang, dan Kabupaten Sambas, bahkan sering terjadi bencana kabut asap.

Terkait hal tersebut, dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 salah satu tugas pokok TNI adalah membantu, menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan serta pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan. Maka tidak heran keikutsertaan TNI selalu menjadi sorotan publik, baik kesan positif maupun negatif yang kadang kala memojokkan dengan mengomentari bahwa TNI terlambat bertindak, kurang tanggap dan lain sebagainya. Namun kenyataannya peran TNI masih dirindukan oleh masyarakat, banyak dimedia massa maupun elektronik yang telah menyoroti TNI dimana kita masih tampil terdepan dalam berbuat sejak awal bencana alam itu terjadi.

Belum lama ini, Kepala Staf Angkatan Darat menginstrusikan kepada satuan-satuan yang berada dijajarannya agar segenap kesatuan Angkatan Darat dan kesatuan teritorial mulai dari Kodam hingga Koramil segera tanggap untuk membantu jajaran Pemerintah Daerah dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi di wilayahnya. Untuk prajurit, laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab dan senantiasa berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI, serta adakan kerjasama yang baik dengan berbagai komponen bangsa sehingga permasalahan bangsa ini dapat kita selesaikan secara bersama-sama, jelasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

TNI Dirindukan Rakyat