TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

USTADZ ACHMAD BAIDOWI : ORANG YANG PANDAI BERSYUKUR, TIDAK PERNAH SUSAH

By 21 Jan 2014 02:14Kodam VI/Mulawarman
20140121d

Samarinda, (17/01). Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1435 H di Korem 091/Aji Surya Natakesuma pada Senin (17/01), digelar di Aula Manunggal Makorem 091/Aji Surya Natakesuma, dengan mengambil tema “Melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kita tingkatkan kebersamaan prajurit TNI dengan rakyat dalam rangka menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia“.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Kasrem 091/Aji Surya Natakesuma Kolonel Inf Budi Edwar SIP, para Kasi Korem 091/ASN, Dandim 0901/Samarinda Letkol Kav Dody Muhtar Taufik SE, M. Si, Komandan Yonif 611/Awang Long Mayor Inf Krido Pramono, para Kabalak Aju, dan Pasi Korem 091/Aji Surya Natakesuma, gabungan Bintara, Tamtama dan PNS serta Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana se-Garnisun Samarinda.

Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an surah Al-Ahzab ayat 40 sampai ayat 46 yang disampaikan oleh saudara Saeful Anwar dengan sari tilawah oleh PNS Era Ratnasih anggota Ajenrem 091/ASN mengawali acara peringatan Maulid Nabi di Makorem 091/ASN tersebut.

Dalam sambutan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono yang dibacakan oleh Kasrem Kolonel Inf Budi Edwar SIP Kolonel Inf Budi Edwar SIP mengatakan bahwa hari kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW yang diperingati setiap tanggal 12 Rabi’ul awal ini merupakan momentum yang sangat baik bagi kita untuk menggali makna dan hikmah yang terkandung di dalamnya, karena peringatan ini akan membangkitkan kita untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala.

Lebih lanjut disampaikan bahwa keteladanan Rasulullah tersebut perlu dipadukan dengan pedoman dasar kita sebagai prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD yang memiliki jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Panca Prasetya Korpri, baik sebagai warga negara maupun sebagai umat Rasulullah SAW, sehingga sikap, perilaku dan tindakan kita, senantiasa sesuai dengan kepribadian Nabi Muhammad SAW.Hal itu sangat penting dilakukan, karena dengan mengenal perilaku Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam secara utuh merupakan syarat untuk mendalami dan mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam secara utuh pula.

Sedangkan materi ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Achmad Baidowi pimpinan Majelis Ta’lim zikir Al Anwar Sungai Kapih Samarinda, mengingatkan umat muslim untuk bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Karena begitu banyak nikmat yang telah Allah berikan mulai dari lahir hingga meninggal. “Manusia tak akan sanggup menghitung berapa banyak nikmat yang dirasakan selama hidupnya. Dari sekian banyak nikmat yang kita terima, apa yang Allah minta? Cuma satu. Syukuri nikmatnya,” kata ustadz yang biasa ceramah sambil guyon dan diselingi lagu-lagu Islam yang membuat para jamaah betah untuk mendengarkannya.

Bahkan bila kita pandai bersyukur, Allah akan menambah nikmat-Nya untuk manusia. Sesuai firman Allah dalam Quran surat Ibrahim ayat 7. “Lainsakartum laazidanakum. Kalau kau pandai bersyukur atas nikmat yg Kuberikan, maka akan Kutambah nikmat untukmu,” tutur ustadz, membacakan potongan ayat ini.

Menurutnya, orang yang pandai bersyukur, tidak pernah susah. Karena semakin banyak orang bersyukur, semakin banyak nikmat yang Allah berikan. Dan bersyukur tidak hanya disaat mendapat kesenangan, tapi juga ketika diberi ujian. Mengenai peringatan Maulid Nabi, menurut ustadz tak ada salahnya. Bukanlah suatu kemunkaran memperingati kelahiran Rasul. Karena Rasulullah adalah contoh teladan yang patut diikuti.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

USTADZ ACHMAD BAIDOWI : ORANG YANG PANDAI BERSYUKUR, TIDAK PERNAH SUSAH