TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apel Akbar Siaga Bencana Nasional Bersama TNI, Polri, Pemda, Instansi Teknis dan Ormas

By 07 Feb 2014 18:01Kodam XVII/Cenderawasih
gelar gul

Apel Akbar Siaga Bencana Nasional bersama TNI, Polri, Pemda Kab. Sorong, Instansi Teknis dan Organisasi masyarakat lainnya dalam rangka kesiapan Penanggulangan Bencana Alam yang dipimpin oleh Kasrem 171/PVT Kolonel Inf Ali Hamdan Bogra dihadiri oleh Wakil Bupati Sorong Drs. Suka Harjono, S.Sos, Dandim 1704/Sorong Letkol Inf Rahman Yadi,  serta para Komandan Satuan dan Kabalak Aju Korem 171/PVT, bertempat di Alun-alun Kota Baru Aimas Kab. Sorong-Papua Barat, Kamis (06/2).

Dalam amanat Kasrem 171/PVT Kolonel Inf Ali Hamdan Bogra yang membacakan amanat Bupati Sorong mengatakan bahwa hakekat dari penaggulangan bencana adalah untuk mengurangi resiko dan menekan dampak bencana terhadap masyarakat. Oleh karena itu segala aspek maupun proses yang terkait dengan upaya-upaya penanggulangan bencana bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman bencana. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka segala upaya penangulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana, terpadu, terkoordinasi dan menyeluruh.

Seringnya bencana alam yang melanda berbagai daerah di beberapa bagian dan Provinsi di negeri ini, membuat pemerintah pusat dan daerah harus kerja extra keras. Berbagai bencana alam tersebut telah menyebabkan banyak kerugian materil, bahkan cukup banyak warga yang harus kehilangan harta benda dan anggota keluarganya karena meninggal dunia atau hilang tanpa jejak. Bencana alam yang terjadi ini dipicu juga dengan kondisi dan cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan terjadinya bencana yang tidak diduga.

Apel akbar siaga bencana yang dilaksanakan ini, dimaksud untuk mengetahui dengan tepat kekuatan yang telah dipersiapkan untuk menanggulangi permasalahan apabila terjadi peristiwa bencana, khususnya banjir dan longsor yang mengancam masyarakat dimusim penghujan sekarang ini. Diharapkan TNI-Polri, Pemda, Instansi Teknisi serta organisasi masyarakat selalu menjadi garda terdepan dalam penangulangan bencana dengan tetap berada dalam koridor aturan yang berlaku sehingga menjadi jalan pemecahan dalam menanggulangi keadaan bencana tanpa memperburuk masalah akibat pembenturan ketentuan aturan-aturan yang berlaku. Hal ini sesuai dengan Tema “TNI-Polri, Pemda serta Komponen Masyarakat Lainnya siap membantu rakyat dalam menghadapi dan mengatasi bencana di Kabupaten Sorong.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Apel Akbar Siaga Bencana Nasional Bersama TNI, Polri, Pemda, Instansi Teknis dan Ormas