TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Denkesyah berikan Pelatihan P3K kepada Prajurit Korem 102/Pjg

By 28 Feb 2014 18:04Kodam XII/Tanjungpura
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Dalam rangkaian mengisi minggu militer, anggota Korem 102/Pjg beserta Balak Aju pada Rabu  (26/2) setelah selesai mengikuti apel pagi dan senam pagi melaksanakan latihan dengan materi latihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dari Denkesyah Palangka Raya.

Minimnya pengetahuan masyarakat awam untuk memberikan pertolongan pertama pada kasus kecelakaan atau gawat darurat medis prarumah sakit sering kali berujung pada tingginya angka kematian terhadap korban kejadian tersebut. Untuk itu, para prajurit diberikan kesempatan untuk menerima materi P3K dari Bintara kesehatan bagaimana cara-cara memberikan pertolongan pertama  kepada korban kecelakaan.

Dalam kegiatan tersebut disampaikan secara lengkap mengenai materi penanganan luka dan luka bakar, kecelakaan saat berolahraga, penanganan kegawatdaruratan pada anak seperti kejang, dehidrasi, dan demam, keracunan makanan, hingga pemberian bantuan hidup dasar berupa kompresi jantung dan pernapasan buatan (Resusitasi Jantung Paru) bila korban kecelakaan henti jantung dan henti napas.

Ditambahkan pula  pelatihan bantuan hidup dasar, balut dan bidai, transportasi korban, serta manuver dalam penanganan tersedak. Kegiatan berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 09.30 Wib.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Denkesyah berikan Pelatihan P3K kepada Prajurit Korem 102/Pjg