TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DITTOPAD MANTAPKAN KRIDA NAVIGASI DARAT PERKEMAHAN SAKA WIRA KARTIKA TANGERANG TAHUN 2014

By 08 Feb 2014 01:03Direktorat Topografi
muhajir

Jakarta (1/2). Dittopad sesuai dengan bidang kompetensinya (Lapangan Kekuasaan Teknis) terlibat dalam kegiatan pemantapan Krida Navigasi Darat Perkemahan Saka Wira Kartika Kota Tangerang yang dilaksanakan selama satu hari pada Sabtu (1/2) di Lapangan Silado SMK Negeri 9 Tangerang, Jl. Villa Regency Sangiang, Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Priuk, Kota Tangerang. Keterlibatan personel Dittopad tersebut merespon permintaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 18/JTU melalui surat Nomor 16/SWK tanggal 20 Januari 2014 yang ditindaklanjuti dengan Surat Perintah Dirtopad.

Kegiatan perkemahan pemantapan sengaja digelar pada hari libur sekolah, yakni hari Sabtu (1/2) dan berlangsung selama sehari penuh. Peserta Perkemahan Pemantapan Krida Navigasi Darat Saka Wira Kartika TA. 2014 adalah para pramuka Penegak dan Pandega utusan/perwakilan dari seluruh Koramil se-Kodim 0506/Tangerang yang berjumlah 100 orang. Terlihat para peserta menunjukan semangat dan antusiasme yang tinggi.

Pada kegiatan perkemahan pemantapan Krida Navigasi Darat tahun 2014 ini, tiga (3) personel Dittopad diminta untuk memberikan materi pengetahuan Peta, Kompas dan GPS. Materi Topografi menjadi salah satu materi andalan Pramuka Saka Wira Kartika di Propinsi Banten. Tiga personel Dittopad yang memberi materi Topografi adalah Serka Eko Gunawan D, SPd., Serda Andres Bukit dan Serda Wahyu Kamali.

Selain materi pengetahuan Peta, Kompas dan GPS, para peserta juga menerima materi kepemimpinan (leadership), sesanti Eka Dwi Darma Bhakti Pramuka, penjelajahan, serta dinamika kelompok. Kegiatan yang dilaksanakan mencakup pemberian pengetahuan dan praktek lapangan.

Sesuai rencana kerja Gerakan Pramuka Kota Tangerang cq. Pusdiklatcab Kota Tangerang, pada TA 2014-2015 mereka telah memprogramkan kegiatan pengenalan Ilmu Topografi (Pengetahuan Peta, Kompas dan GPS) secara berkelanjutan, minimal 4 kali pertemuan dalam setahunnya guna peningkatan kemampuan SDM Pramuka Penegak dan Pandega. Selain itu juga diprogramkan kegiatan lomba pramuka, salah satunya materi ilmu Topografi.

Ketika diminta pendapatnya, pengurus Gerakan Pramuka Kota Tangerang sangat mengapresiasi kiprah Dittopad dalam memajukan dan meningkatkan Krida Navigasi Darat. Bahkan mereka menyarankan agar Dittopad berani mengadakan kegiatan Jambore atau Lomba navigasi darat bagi pramuka, seperti halnya pernah dilakukan oleh Korem Jakarta Barat di Karawaci.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DITTOPAD MANTAPKAN KRIDA NAVIGASI DARAT PERKEMAHAN SAKA WIRA KARTIKA TANGERANG TAHUN 2014