TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasubditbingefi Dittopad Beri Kuliah Umum Peserta Olimpiade Geografi Nasional Tahun 2014 Universitas Gajah Mada Jogjakarta

By 06 Feb 2014 18:33Direktorat Topografi
olgenas

Jogjakarta (3/2). Kasubditbingefi Dittopad Letkol Ctp Drs. RM Sayid Sudarmadi memberikan kuliah umum dengan materi Geostrategi Nasional kepada peserta Olimpiade Geografi Nasional IX Tahun 2014 di Fakultas Geografi UGM Jogjakarta. Kegiatan olimpiade ini digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa – Keluarga Mahasiswa (BEM-KM) Fakultas Geografi UGM Yogyakarta selama 3 hari dari tanggal 1 hingga 3 Februari 2014. Kegiatan ini melibatkan 300an lebih peserta dari kalangan pelajar SMP dan SMA se-Indonesia dengan tema “Pendekatan geostrategi sebagai landasan pengembangan potensi daerah yang berkelanjutan dalam rangka meningkatkan ketahanan nasional di era globalisasi”.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan mencakup pameran, seminar, lomba penulisan essay, foto, poster, lomba ketangkasan, kuliah umum dan lain sebagainya. Kegiatan Olgenas menjadi menjadi wadah bagi para siswa untuk berkompetisi secara sangat elegan di bidang Ilmu Geografi serta menjadi wahana ideal dalam mencetak kader bangsa masa depan yang memiliki kapasitas intelektual tinggi.

Kegiatan kuliah umum dengan materi masalah Geostrategi Nasional diberikan oleh Letkol Ctp Drs. RM Sayid Sudarmadi, Kasubditbingefi Dittopad. Beliau termasuk salah satu alumni Fakultas Geografi UGM juga. Dalam kuliahnya, Kasubditbingefi Dittopad menjelaskan tentang konsep dan pengertian geostrategi nasional, later belakang perlunya kebijakan geostrategi nasional bagi bangsa Indonesia, sejarah pemikirannya, serta kaitannya dengan ketahanan nasional.

Kuliah umum dilaksanakan pada Senin (3/2), bertempat di Aula Serbaguna Fakultas Geografi UGM dan diikuti oleh siswa-siswa SMA peserta Olgenas 2014 dengan guru pendamping masing-masing yang keseluruhan berjumlah 200an peserta. Tampak antara lain perwakilan siswa dari SMA Taruna Nusantara Magelang, SMAN 3 Semarang, SMAN 1 Ubud Bali, SMAK BPK Penabur 2 Bandung, SMAN 2 Bandarlampung, SMAN 4 Kendari, SMAN 10 Samarinda, dan lain sebagainya.

Selama ini Dittopad sudah sering diminta beberapa Perguruan Tinggi, termasuk yang terakhir ini oleh Fakultas Geografi UGM, untuk terlibat dalam sejumlah kegiatan ilmiah, seperti seminar, forum diskusi dan kerjasama Litbang terkait dengan dunia survey pemetaan. Komunikasi dan kerjasama semacam ini ditangani oleh Subditbincab Dittopad dan sengaja dibangun dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan kemampuan teknis dan profesionalisme prajurit Topografi AD. Sebagai satu contoh aktual, Baglitbang Subditbincab Dittopad saat ini sedang melaksanakan 3 macam kegiatan Litbang bekerjasama dengan Universitas Surya Tangerang atas dasar MOU yang telah ditandatangani oleh Bapak Kasad Jenderal TNI Budiman dan Rektor Universitas Surya, Prof. Dr. Johanes Surya.

Kasubditbincab Dittopad Kolonel Ctp Drs. Ibnu Fatah, Msc. ketika diminta menjelaskan kegiatan Kuliah Umum Olgenas tahun 2014, mengatakan bahwa sasaran kegiatan kuliah umum adalah untuk peningkatan pemahaman masyarakat, khususnya para generasi muda, terhadap peranan ilmu Geografi dan kaitannya dengan geopolitik dan geostrategi Indonesia yang diwujudkan dalam bentuk ketahanan nasional bangsa yang didasarkan pada kondisi geografis dan potensi tiap daerahnya. Di tengah-tengah perkembangan lingkungan kehidupan antar bangsa yang semakin kompleks, penuh ketidakpastian, serta kompetisi sengit menjadi bangsa pemenang; kesadaran dan pemahaman tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan (SBC-Dittopad).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasubditbingefi Dittopad Beri Kuliah Umum Peserta Olimpiade Geografi Nasional Tahun 2014 Universitas Gajah Mada Jogjakarta