TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0402/OKI BANGUN RUMAH MASYARAKAT PASCA BANJIR DI KAB. OKI

By 12 Feb 2014 19:32Kodam II/Sriwijaya
kodim oki bangun rumah warga

Korem 044/Gapo melalui Kodim 0402/OKI membangun rumah masyarakat miskin a.n. Sahlan umur 90 tahun alamat Desa Laut Kec. Sp. Padang Kabupaten OKI yang rusak berat akibat terjangan banjir, pembangunan rumah ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Januari s.d. 2 Februari 2014. Hal ini dilakukan dikarenakan kondisi rumah Sahlan rusak parah, sedangkan ia sudah tidak mampu lagi bekerja keras, hidupnya hanya menunggu belas kasihan orang lain dikarenakan ia hidup sendiri tanpa ada keluarganya.

Disamping membangun rumah penduduk Kodim 0402/OKI juga melaksanakan kegiatan rehabilitasi pasca banjir dengan melaksanakan Karya Bhakti dalam rangka membantu meringankan beban masyarakat yang tertimpa banjir dan juga membantu pemerintah Daerah Kabupaten Ogan ilir.

Kegiatan yang rehabilitasi diantaranya membantu masyarakat membersihkan lingkungan tempat tinggal dan sarana umum dari sisa-sisa sampai dan lumpur yang ditinggalkan oleh banjir.

Sebelumnya pada bulan Januari hingga awal bulan Februari 2014 hujan mengguyur wilayah Kabupaten Ogan ilir mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Ogan Ilir terendam banjir dengan ketinggian air bisa mencapai kurang dari 1 meter atau setinggi paha orang dewasa.

Naiknya volume air tersebut, selain disebabkan hujan yang terus mengguyur juga disebabkan meluapnya air Sungai Ogan dan Sungai Randu, Kabupaten Ogan ilir. Sedikitnya 800 rumah warga di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang terendam banjir, meliputi Kecamatan Indraya Selatan dan Kecamatan Muara Kuang.

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir kali ini juga ikut merusak ratusan hektar sawah milik petani sehinga petani tahun ini akan mengalami gagal panen.

Berdasarkan kondisi dilapangan, penduduk yang bermukim di wilayah tersebut umumnya terdiri dari rumah panggung. Bencana banjir yang melanda mengakibatkan perekonomian warga setempat terhenti, bahkan masyarakat di pedesdaan hanya bisa memanfaatkan perahu sebagai alat transportasi. Banjir juga menggenangi Jalan Lintas Timur Kabupaten Ogan Ilir yang menyebabkan kemacetan kendaraan yang melintasinya.

Saat ini kondisinya jalan Lintas Timur sangat memprihatinkan pasca banjir, hal ini terlihat di lapangan bahwa jalan yang berada di beberapa Desa di wilayah Kabupaten Ogan ilir rusak parah, seperti terlihat di Desa Tanjung Raja, Tanjung Agas, Talang Balai, Suka Pindah, Ulak Kerbau Baru, Kerinjing, yang semuanya berada di wilayah Kecamatan Tanjung Raja, apalagi saat ini kondisi jalan yang licin yang membahayakan pengguna jalan dan sering terjadi kecelakaan. Diharapkan bagi pengendara yang melintasi jalan Lintas Timur tersebut agar ekstra berhati-hati agar tidak terjadi kecelakaan.

Diharapkan Pemerintah Daerah beserta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Ogan iLir dapat menjaga kelestarian alam agar banjir tidak terjadi kembali dan bagi masyarakat yang mampu agar mau peduli serta membantu masyarakat yang tertimpa banjir wi Kabupaten Ogan iLir.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0402/OKI BANGUN RUMAH MASYARAKAT PASCA BANJIR DI KAB. OKI