TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 1709/YAWA DAN POLRES GELAR PENYULUHAN GUNA MENJAGA KAMTIBMAS DIWILAYAH DISTRIK KOSIWO KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN

By 27 Feb 2014 19:57Kodam XVII/Cenderawasih
muhajir

Kodim 1709/Yawa, Polres dan Pemuda Kepulauan Yapen mengelar kegiatan penyuluhan kepada masyarakat bertempat di Kampung Ariepi Distrik Kosiwo Kabupaten Kepulauan Yapen. Rabu, 26/02.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 1709/Yawa yang diwakili Kasdim 1709/Yawa, Mayor Inf Thomas Aris Rewasan menyampaikan bahwa agar masyarakat selalu mendukung program pemerintah demi kemajuan dan kesejahteraan rakyat. Upaya pemerintah dalam pembangunan salah satunya adalah melalui bidang pendidikan dalam rangka mencerdaskan masyarakat. Pendidikan sangat penting, melalui pendidikan dapat mengejar ketertinggalan, untuk mengetahui perkembangan jaman dan untuk menuju masa depan yang lebih baik. Kasdim juga menghimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh isu-isu yang tidak jelas. Isu tentang akan adanya penyisiran oleh TNI dan Polri adalah tidak benar, isu tersebut merupakan upaya dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan tertentu. Keberadaan TNI dan Polri dilingkungan masyarakat untuk melindungi dan mengayomi masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu merasa takut terhadap TNI dan Polri. Dalam Pemilu mendatang, baik Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden, sebagai warga negara yang baik diharapkan masyarakat menggunakan hak pilihnya.

Terkait pada bulan Mei sesuai program pemerintah bekerja sama TNI dan Polri akan dilaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di wilayah kampung Ariepi Distrik Kosiwo Kep. Yapen, yaitu membangun rumah tinggal untuk masyarakat sebanyak 20 unit dan Pos kamling 2 buah. Kasdim mengharapkan partisipasi, kerjasama dan dukungannya dari masyarakat demi suksesnya program pemerintah tersebut. TMMD merupakan program pemerintah untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat.

Dikesempatan yang sama Wakil Ketua II DPRD Kab. Kep. Yapen, Herman Wariori menyampaikan kepada Kepala Kampung dan Kepala Distrik agar mendata masyarakat yang belum memiliki rumah tinggal dalam rangka pelaksanaan program TMMD. Rencana kedepan jalan yang merupakan jalan Trans Yapen yang ada di wilayah kampung Ariepi akan dilebarkan, sehingga tranportasi darat di wilayah Kepulauan Yapen memadai dan memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga tidak ada wilayah yang terisolir. Bulan Desember 2014, listrik diupayakan/ditargetkan sampe ke Kanawa.

Kapolsek KPPP, Iptu Fadhlan Batubara menghimbau kepada masyarakat agar membantu pihak keamanan untuk menjaga Kamtibmas, karena Kamtibmas merupakan kewajiban seluruh komponen bangsa, masyarakat agar mendukung, mengikuti dan sama-sama menjaga keamanan pelaksanaan pemilu mendatang serta menghindari terjadinya ketersinggungan antara pendukung Parpol. Kapolsek juga menjelaskan kepada masyarakat bahwa isu yang berkembang selama ini tentang akan adanya penyisiran di kampung-kampung oleh TNI dan Polri adalah tidak benar, sehingga masyarakat tidak perlu takut dan diharapkan masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak jelas.

Diakhir kegiatan Pendeta Ever Woriori mewakili masyarakat dan jemaat Gereja mendukung pelaksanaan TMMD, dan berharap dapat di bangun 1 buah Gereja serta 1 rumah Pastor. Masyarakat sangat antusias mengikuti kegiatan ini setelah mendapat penerangan, masyarakat memahami sehingga pada akhirnya kepala Distrik Kosiwo, Kepala Kampung Ariepi serta tokoh masyarakat lainnya menyatakan mendukung/penerima rencana program TMMD.

Penyuluhan tersebut dihadiri Kepala Distrik Kosiwo, Amos Karowa, Kepala Kampung Ariepi, Septinus Sembai, Ketua Jemaat Sion Ariepi, Koni wanggai, Pendeta Ever Woriori dan masyarakat kampung Ariefi.

 

 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 1709/YAWA DAN POLRES GELAR PENYULUHAN GUNA MENJAGA KAMTIBMAS DIWILAYAH DISTRIK KOSIWO KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN