TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM BUKA TURNAMEN CATUR TERBUKA GOLF CLUB KODAM XVII/CENDERAWASIH

By 08 Feb 2014 00:58Kodam XVII/Cenderawasih
muhajir

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M membuka Turnamen Catur terbuka Golf Club Kodam XVII/Cenderawsih pada Jumat 7 Februari 2014 bertempat di Pendopo Golf House Makodam. Lomba Catur dimulai hari ini 7 Februari sampai dengan selesai dan diikuti oleh 64 peserta Prajurit dan PNS se Kodam XVII/Cenderawasih serta memperebutkan total hadiah 10 Juta Rupiah untuk juara I mendapatkan 5 Juta Rupiah, juara II mendapatkan 3 Juta Rupiah dan juara III sebesar 2 Juta Rupiah.

Dalam sambutannya Pangdam menyampaikan tujuan diadakan lomba Catur ini adalah untuk membangun kebersamaan serta mengasah kecerdasan guna mendukung pelaksanaan penyelesaian masalah.

Catur merupakan bentuk olahraga yang mengasah kecerdasan dan daya pikir. Orang-orang dengan tingkat Intelektualitas yang baik akan mudah memahami jenis olahraga ini. Walaupun hanya duduk dan tidak tampak banyak melakukan gerakan fisik yang melelahkan, lomba Catur memiliki banyak pelajaran yang bisa diambil untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Hikmah pelajaran dari lomba Catur antara lain melatih pikiran kreatif untuk menciptakan strategi menaklukkan lawan. Seorang pecatur harus jeli melihat langkah gerakan lawan, adakalanya gerakan yang dilakukan lawan merupakan bentuk jebakan atau pancingan agar kita lengah, saat lengah itulah maka musuh akan menghabisi kita. Pecatur harus bijak merancang srategi penyerangan, tidak hanya bertahan saat diserang tetapi harus juga bisa menaklukkan lawan dalam kondisi tertekan. Bila kita Implementasikan dalam kehidupan sehari-hari hal ini sesuai apabila kita memecahkan berbagai persoalan kehidupan yang kita jalani seseorang dalam menjalani dan menghadapi permasalahan hidup dituntut mempunyai strategi bijak dalam menghadapinya. Kita perlu memandang sebab dan akibat segala sesuatu yang telah kita kerjakan dan memprediksi apa yang akan terjadi dengan kehidupan sebagai akibat dari perbuatan kita.

Selain itu hikmah bermain Catur mengajarkan untuk tenang dalam menghadapi berbagai persoalan, sehingga kita dapat selalu tenang dalam menghadapi segala pergolakan dan permasalahan hidup. Yang terpenting adalah mengatur dan menciptakan strategi untuk memenangkan. Catur juga mendidik kita untuk selalu sabar dan tenang dalam menghadapi persoalan hidup serta tetap arif dalam menghadapi hal-hal sulit dan membahayakan. Dengan bermain Catur energi pikiran terus bekerja sehingga proses aktivasi otak dan daya pikir selalu dilatih, maka sensitifitas kecerdasanpun akan terus meningkat.

Hal ini sangat identik dengan kehidupan prajurit dimana seorang prajurit dituntut bijak dan selalu waspada dalam setiap menghadapi persoalan maupun menghadapi hal-hal yang sulit dan membahayakan serta harus cepat mengambil suatu keputusan yang cepat dan tepat untuk menghadapinya dalam keadaan sabar dan tenang.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Puspen TNI Kostrad Kodam V/Brawijaya Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM BUKA TURNAMEN CATUR TERBUKA GOLF CLUB KODAM XVII/CENDERAWASIH