TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Instruksikan TNI Tangani Bencana Gunung Kelud

By 19 Feb 2014 19:49Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

18 Februari 2014 | 20:40 Sragen – Aparat TNI telah diperintahkan untuk penanganan bencana Gunung Kelud yang imbasnya sampai ke wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satunya dengan menangani dampak hujan abu erupsi gunung Kelud yang mengguyur Pulau Jawa.

Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Sunindyo, mengatakan, telah memerintahkan prajurit untuk membantu membersihkan dampak hujan abu vulkanik serta membantu menetralisasi Jalur Pantura dan Jalur Selatan.

Masing-masing TNI baik ditingkat Korem dan Kodim juga diminta untuk bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemda setempat. Misalnya dengan membersihkan abu vulkanik dan perbaikan jalan berlubang agar tidak membahayakan bagi pengendara. Dikatakan Pangdam dampak paling parah justeru dirasakan masyarakat Yogyakarta. Kendati demikian Sultan Hamengkubuwono X justeru memberikan bantuan bahan material untuk pembangunan rumah korban Gunung Kelud di Kediri.

“Sultan tadi minta lima truk untuk kirim bahan bangunan ke kediri, pinjam mobilnya Kodam, kami dukung untuk bantu rakyat kita di Jawa Timur. Di sini kami masih pembersihan dampak abu vulkanik,” kata Pangdam didampingi Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Mulyo Aji dan Dandim 0725/Sragen, Letkol Inf R Wahyu Sugiarto saat berkunjung di Sragen, Senin (17/2).

Pangdam berkunjung ke Sragen setelah mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Solo dan Kediri untuk melihat secara langsung dampak dari erupsi Gunung Kelud.

Sementara Bupati Agus sendiri mengapreasiasi positif kedatangan Pangdam. Agus mengatakan selama ini kerjasama antara Polri dan TNI di Kabupaten Sragen berjalan harmonis. Terlebih lagi mendekati pesta rakyat dalam pemilu mendatang.

“Kita punya kewajiban yang sama. Semoga di pemilu mendatang pelaksanaan demokrasi bisa berjalan dengan baik,” kata Agus. (Editor : Abednego Afriadi)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Instruksikan TNI Tangani Bencana Gunung Kelud