TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM TERIMA AUDENSI DEPUTI PENGEMBANGAN SEKRETARIS JENDERAL DEWAN KETAHANAN NASIONAL

By 20 Feb 2014 17:06Kodam XVII/Cenderawasih
muhajir

Pendam (19/02). Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs.Christian Zebua,M.M menerima audensi Deputi Pengembangan Sekjen Dewan Ketahanan Nasional pimpinan Marsda Edi Sumarwondo pada Rabu 19 Februari 2014 bertempat di Ruang Cyloop Makodam XVII/Cenderawasih.

Pada kesempatan itu, Pangdam menyampaikan situasi wilayah Papua sekarang ini termasuk diantaranya masih adanya saudara-saudara kita yang masih berbeda pendapat/paham, namun Kodam XVII/cenderawasih menganggap mereka bukan musuh tetapi bagian dari warga masyarakat yang berselisih paham sehingga dalam penanganannyapun berbeda dengan mereka yang bersenjata.

Dalam menghadapi saudara-saudara yang berbeda pendapat yang tidak bersenjata kita menggunakan cara pendekatan melalui tokoh-tokoh atau pemimpin-pemimpin yang berpengaruh di masyarakat kita ajak diskusi dan menyampaikan apa yang menjadi kendala, sehingga perbedaan pendapat tadi bisa diselesaikan melalui musyawarah dan kita jalin hubungan silaturahmi terhadap tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta tokoh perempuan, untuk memecahkan perbedaan tersebut secara bersama-sama.

Dalam menghadapi organisasi yang bersenjata kita TNI khususnya Kodam XVII/cenderawasih dalam menanganinya kita lakukan secara professional dan yang terpenting jangan sampai mereka mengganggu masyarakat, kalau mereka mengganggu masyarakat apalagi menyakiti rakyat maka mereka akan berhadapan dengan TNI. Selain itu kita juga melakukan kegiatan-kegiatan melalui pembinaan teritorial. Melalui pendekatan-pendekatan program teritorial diharapkan mereka akan tersentuh hatinya dan kembali ke pangkuan Ibu pertiwi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Program ini meliputi pembuatan pembangunan perumahan masyarakat, sehingga mereka merasa diperhatikan dan merasa aman, serta penggalangan melalui pendampingan di bidang pertanian dan perikanan sehingga mereka bisa meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraanya.

Untuk tugas khusus Kodam XVII/cenderawasih meliputi Operasi Pengamanan Daerah Rawan dan operasi pengamanan daerah vital. Untuk operasi pengamanan daerah rawan kita menerjunkan satuan-satuan keamanan untuk mengcover daerah tersebut serta operasi pengamanan objek vital juga ditempatkan pasukan dalam mengamankan objek vital guna menangkal gangguan dari kelompok-kelompok tertentu.

Selanjutnya dalam operasi tempur Kodam XVII/Cenderawasih membantu POLRI dalam penegakan hukum di wilayah Papua dan Papua Barat.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Tips Kesehatan Kodiklat Kodam XVI/Patimura Kodam V/Brawijaya Puspen TNI Kodam VI/Mulawarman Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM TERIMA AUDENSI DEPUTI PENGEMBANGAN SEKRETARIS JENDERAL DEWAN KETAHANAN NASIONAL