TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Tutup Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan Kodam XVII/Cenderawasih

By 20 Feb 2014 18:12Kodam XVII/Cenderawasih
rapat dam17

Pendam (19/02). Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M menutup Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih pada     Rabu 19 Februari 2014 bertempat di Aula Tonny A Rompis Makodam.

Dalam rapat evaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran Kodam XVII/Cenderawasih, masih ditemui adanya sasaran program yang belum tercapai secara keseluruhan. Hal ini juga telah disampaikan oleh para peserta Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan pada evaluasi pelaksanaan program kerja dan anggaran TNI-AD TA. 2013. Bertitik tolak dari hal tersebut, saya berharap dalam pelaksanaan program kerja dan anggaran TA.2014 pada setiap bidang fungsi, permasalahan dapat lebih dieliminir, sehingga pencapaian sasaran program berjalan secara optimal.

Tingkatkan profesionalisme dan kinerja aparat Intelijen, dengan melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi melalui temu cepat lapor cepat. Manfaatkan pusat informasi, pedomani rencana pengamanan dalam setiap pelaksanaan latihan satuan dan protap pengamanan daerah rawan agar terhindar dari kerugian personel dan materiil. Selain itu, permasalahan pengamanan tubuh masih harus menjadi perhatian kita bersama. Untuk itu, laksanakan evaluasi secara terus menerus melalui peningkatan kepekaan dan kepedulian terhadap anak buah guna mengetahui permasalahan anggota, sehingga tingkat pelanggaran personel dapat dikurangi seminimal mungkin.

Pahami mekanisme penyelenggaraan latihan dan sistem perencanaan latihan, agar sasaran dan kebijakan program pembinaan latihan pada TA.2014 ini dapat tercapai. Laksanakan latihan secara realistis, keras dan terukur serta orientasikan pada tugas-tugas yang akan datang. Tegakkan aturan dan ketentuan yang berlaku dalam setiap proses pelaksanaan program dan anggaran dengan membudayakan 3 (tiga) tertib yaitu tertib administrasi kegiatan, tertib administrasi perwabku dan tertib administrasi fisik.

Laksanakan kegiatan werving prajurit secara obyektif dan transparan untuk memperoleh calon prajurit yang berkualitas, waspadai dan cegah kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang dan jabatan. Adakan pengawasan yang ketat dan tindak tegas personel yang terlibat kasus percaloan. Siapkan peserta didik yang akan mengikuti seleksi pendidikan, sesuai dengan persyaratan administrasi guna menghindari terjadinya kegagalan peserta pendidikan.

Tingkatkan pengamanan terhadap barang tidak bergerak asset Kodam XVII/Cenderawasih, dengan mempedomani ST KASAD NOMOR ST/1865/2009 dan terapkan Peraturan Menteri Pertahanan tentang pengelolaan hibah terkait dana TMMD dan Pilkada dari Pemda agar segera dilaporkan ke Komando atas agar tidak berpotensi menjadi temuan apabila ada pemeriksaan dari BPK RI. Sesuaikan segera migrasi data manual ke aplikasi Simak BMN Kemenkeu sehingga diperoleh data yang valid dan akurat dalam penyusunan laporan keuangan.

Laksanakan penyaluran anggaran sesuai ketentuan sehingga tidak terjadi temuan adanya kesalahan dalam pertanggungjawaban keuangan program kegiatan teritorial. Lakukan koordinasi secara insentif antara pejabat terkait untuk meningkatkan kemampuan Apkowil dalam penguasaan wilayah, sehingga dapat mencegah setiap kerawanan yang berkembang di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih. Optimalkan Komsos dengan seluruh komponen masyarakat, aparat Pemda dan keluarga besar TNI guna mendukung kegiatan operasi Bakti TNI.

Efektifkan fungsi Pengawasan Melekat untuk menghindari penyimpangan pelaksanaan program kerja dan anggaran agar sasaran program yang telah ditetapkan dapat tercapai. Pastikan pejabat operator Simak BMN melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar sesuai ketentuan, sehingga laporan keuangan yang transparan dan akuntabel dapat diwujudkan serta upayakan penilaian wajar tanpa pengecualian (WTP) Tahun 2014 ini dapat terealisasi. Autentikasi : LS.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Tutup Rapat Pimpinan dan Apel Komandan Satuan Kodam XVII/Cenderawasih