TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pasukan Kodam Jaya Bersihkan Sampah dan Lumpur Banjir

By 25 Feb 2014 23:31Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Untitled-2PRAJURIT TNI AD kemarin kompak menggelar kegiatan pascabanjir di wilayah Kodam Jaya. Di beberapa tempat, ke­giatan tersebut juga terpadu dengan pihak terkait. Seperti terlihat di Kramat Jati, Jakarta Timur, prajurit TNI bersih-ber­sih sampah dan lumpur bawa­an luapan Kali Ciliwung.

“Musibah banjir yang tak kun­jung selesai di Ibukota, terus menggerakkan naluri prajurit Kodam Jaya mengulurkan ta­ngan dan berjibaku dengan ban­jir demi membantu masyarakat Ibu Kota,” ujar Kapendam Jaya, Kolonel (Inf) Mukhtar, SIP. Pem­bersihan di bantaran Kali Cili­wung tersebut dilakukan oleh personel Koramil-05 Kramat Jati.

Menurut Mukhtar, prajurit Kodam Jaya selalu berusaha hadir di tengah masyarakat yang sedang kesulitan dalam menghadapi musibah banjir. Seperti prajurit Koramil-05 Kra­mat lati terjun langsung ke lokasi banjir yang sangat parah hingga mencapai empat meter. Pembersihan lumpur dan sam­pah tersebut juga terpadu de­ngan masyarakat sekitar.

Pembersihan juga dilakukan pada saluran air-saluran air yang tersumbat sampah. Dika­takan, sampah sisa banjir itu tak hanya rawan menimbulkan penyakit. Namun juga meng­ganggu karena mengeluarkan bau yang tak sedap. “Warga se­kitar terlihat sangat antusias sekal karena meilhat prajurit Kodam Jaya sangat peduli membantu membersihkan lingkungan dari banjir.

Sementara di tempat terpisah TNI AD bersama Pemprov DKI, dan komponen masyarakat peduli lingkungan menggelar Apel Karya Bakti bersama. Apel yang dipimpin oleh Danrem 052 Wijayakrama, Kolonel (Kav) Wawan Ruswandi itu bertempat di depan Aula Komplek Kebersihan Jalan Menceng RW 04, Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat, Senin (24/2).

Kegiatan tersebut diikuti 50 personel TNI AD terdiri dari Yonkav 9/BU, empat persnel Denpom 1 Tangerang, dan 50 personel Armed 10 Kostrad. Hadir dalam kegiatan tersebut, Waasops Kasad Brigjen TNI G. Supit; Wakil Wali Kota Jakbar, Yuliadi; Dandim 0503 Jakarta Barat Letkol Arm Eric Christian Simanjuntak, SH, para Kasi Ko­rem 05, Para Muspikel, Muspika dan Muspiko serta para tokoh agama dan masyarakat.

Danrem 052 Wijayakrama, Ko­lonel (Kav) Wawan Ruswandi yang mewakili Kepala Staf Ang­katan Darat, Jenderal TNI Budi­man, mengatakan bahwa TNI AD akan terus melaksanakan pembenahan dalam kultur pembangunan nasional agar dicintai rakyat. Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan juga pembagian sembako sebanyak 300 paket ke­pada masyarakat sekitarnya. Kegiatan dilanjutkan dengan fogging (pengasapan) di lingkungan Rw 04 Kelurahan Tegal Alur. Kegia­tan Karya Bakti tersebut melibat­kan 400 orang TNI dan masyara­kat. Dalam waktu bersamaan juga dilaksanakan kegiatan karya bakti di dua wilayah Kelurahan Kembangan Utara Kecamatan Kembangan dan Kelurahan Kapuk, RW 02, Kelurahan Duri Kosambi, dan RW 04 Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng.

Kegiatan penanganan pascabanjir tersebut lebih variatif termasuk Renovasi SD Kartika X-5 Yayasan Kartika Jaya Korem 052. Ketua Yayasan Kartika Jaya Koordinator Korem 052, Ny. Wawan Ruswandi memimpin kegiatan pembukaan renovasi Sekolah Dasar Kartika X-5 di Komplek Kodam Kalideres Ja­karta Barat.(dni), Sumber Koran: Indo Pos (25 Februari 2014/Selasa, Hal. 04)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pasukan Kodam Jaya Bersihkan Sampah dan Lumpur Banjir