TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Perlengkapan Kontingen Garuda XX-K Diperiksa COE

By 11 Feb 2014 18:44Berita Satuan
muhajir

(Kongo, 11 Februari 2014). Tim COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo), melakukan pemeriksaan terhadap seluruh perlengkapan Kontingen Garuda XX-K/Monusco Satgas Kompi Zeni TNI yang tengah melaksanakan misi perdamaian PBB di Republik Demokratik Kongo.

Kedatangan Tim COE Monusco yang diketuai oleh Letkol Hassan dari Pakistan Army beserta 4 (empat) orang dari Staf Sipil UN (United Nations), diterima secara langsung oleh Komandan Satgas Kontingen Garuda XX-K Mayor Czi Nurdihin Adi Nugroho beserta staf, di Base Camp Bumi Nusantara yang merupakan Markas Kompi Zeni TNI di Dungu-Kongo, Senin (10/2/2014).

Pemeriksaan yang dilakukan setiap triwulan sekali, bertujuan untuk memeriksa kondisi dan kesiapan seluruh peralatan termasuk base camp baik menyangkut kebersihan, kelengkapan maupun kesiapan operasionalnya. Semua perlengkapan tersebut harus sesuai dengan standar yang telah disepakati dalam MoU antara Pemerintah Republik Indonesia dengan PBB, baik menyangkut peralatan utama dalam hal ini alat-alat berat Zeni maupun alat-alat pendukungnya.

Peralatan utama yang diperiksa meliputi kendaraan baik kendaraan sehari-hari maupun alat berat, diantaranya Bulldozer, Excavator dan Truk serta sarana dan prasarana pendukung lainnya termasuk pemeriksaan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal kontingen dan peralatan perorangan prajurit juga ikut diperiksa.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan langsung terhadap masing-masing peralatan, Tim COE Monusco memberi penilaian positif terhadap kesiapan alat-alat untuk mendukung tugas-tugas Satgas Kompi Zeni TNI. Sementara itu, pemeriksaan yang sama juga dilakukan terhadap Base Camp TOB (Temporary Operational Base) di daerah Mokke yang merupakan camp sementara yang berada di daerah tempat kerja.

Di akhir pemeriksaan, Letkol Hassan dan rombongan menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada seluruh prajurit Kontingen Garuda XX-K/Monusco yang telah bekerja dengan baik dan profesional. “Semua dapat berjalan dengan baik dikarenakan adanya pemeliharaan secara berkala dari anggota dalam penggunaan sarana dan prasarana yang tersedia”, ujarnya.

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Perlengkapan Kontingen Garuda XX-K Diperiksa COE