TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Rapat Koordinasi Daerah Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Legislatif Provinsi Papua

By 28 Feb 2014 18:22Kodam XVII/Cenderawasih
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua M.M menyampaikan konsep Kodam dalam menghadapi Pemilu dalam giat ceramah tentang konseprapat koordinasi daerah pemantapan penyelenggaraan pemilu Legislatif Provinsi Papua bertempat Hotel Aston Jayapura, Kamis (27/2).

Pada kesempatan itu pangdam menyampaikan kodam XVII/Cenderawasih akan mendukung Polda dan PEMDA dalam mengamankan jalanya pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat serta penyamaan persepsi dalam menghadapi Pemilu 2014 nanti. Hal tersebut sesuai dengan 5 (lima) kebijakan yang dikeluarkan oleh Presiden RI dalam menangani Papua yang isinya yaitu menguatkan Kedaulatan dengan menghormati keragaman dan kekhususan Papua, melakukan penataan optimal Undang-undang No 21 Tentang Otonomi Khusus Papua, melaksanakan affirmative Policy kepada warga asli Papua, mendesain dan menyusun strategi kebijakan untuk percepatan pembangunan Papua termasuk anggarannya, serta pendekatan bukan melalui pendekatan keamanan tetapi dengan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan rakyat Papua.

Kodam XVII/Cenderawasih dalam menangani Papua tidak lagi menggunakan pendekatan keamanan tetapi melalui pendekatan secara persuasif dan peningkatan perekonomian dan kesejahteraan. TNI di Papua selain bertugas menjaga keamanan serta mengawal agar tetap tegaknya kedaulatan negara Kesatuan republik Indonesia juga melakukan kegiatan sosial lainya seperti pendampingan dibidang Pertanian, Perikanan, Kesehatan serta Pendidikan di daerah-daerah pedalaman dan daerah terpencil anggota TNI menjadi Guru untuk mengajardi sekolah-sekolah yang ada disana karena kurangnya kurangnya tenaga pendidik di daerah tersebut. Selain itu Kodam XVII/Cenderawasih dalam penangananya terhadap Papua menggunakan pendekatan Agama, pendekatan Budaya dan pendekatan Kesetaraan dan diprioritaskan untuk kesejahteraan masyarakat Papua.

Menyambut dan menghadapi pemilu 2014 Kodam XVII/cenderawasih akan membantu Polda dan PEMDA serta mengerahkan bantuan perkuatan yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk bantuan ke Polda 1 (satu) Satuan setingkat batalyon dan untuk masing-masing Polres 1 (satu) SST (Satuan setingkat Peleton). Namun apabila Polda masih perlu bantuan maka Kodam XVII/Cenderawasih siap membantu dan sewaktu-waktu siap untuk digerakkan.

Kodam juga akan mendukung penguatan kebijakan Pemerintah Daerah baik Provinsi, Kabupaten dan Kota serta bersinergi bersama-sama secara proporsional dan profesional dalam menghadapi Pemilu 2014.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Rapat Koordinasi Daerah Pemantapan Penyelenggaraan Pemilu Legislatif Provinsi Papua