TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Team Barongsay “Guntur Naga Geni” Yonarmed 11/1/2 Kostrad Tampil di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta

By 21 Feb 2014 16:57Kodam IV/Diponegoro
barongsai14

Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) IX pada hari Senin tanggal 10 Pebruari 2014 resmi dibuka oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paku Alam IX. Hal ini ditandai dengan pengibasan cemeti sebanyak tiga kali sebagai tanda dimulainya festifal budaya tersebut. Festifal budaya yang dilaksanakan dalam rangka perayaan Imlek ini berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 10 sampai dengan 14 Pebruari 2014. Dalam kegiatan ini selain bazar juga dimeriahkan dengan berbagai  macam hiburan seperti musik dan tari-tarian yang bergaya mandarin maupun tradisional Indonesia.

Pada rentetan acara Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) IX satuan Yonarmed 11/1/2 Kostrad ikut berpartisipasi pada acara kirab budaya Tionghoa “Jogja Dragon Festival III” yang digelar di sepanjang Malioboro pada hari Kamis tanggal 13 Februari 2014, dimulai pukul 18.00 WIB dengan Start dari Lapangan Parkir Abu Bakar Ali menuju Kampung Ketandan. Festival ini dimeriahkan 11 tim naga  barongsay yang berasal dari Jogja, Magelang dan Semarang. Dimana salah satunya tim barongsay tersebut adalah “GUNTUR NAGA GENI” yang dimainkan oleh anggota Yonarmed 11/1/2 Kostrad.

Tujuan Danyonarmed 11/1/2 Kostrad Mayor Arm Hendro Setyadi, S.H melibatkan anggota pada kegiatan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) IX adalah untuk melaksanakan program binter, melestarikan budaya, dan manunggal dengan rakyat. Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) IX juga bertujuan memberikan pembelajaran dan informasi kepada masyarakat perihal tradisi dan kebudayaan Tionghoa yang telah memperkuat Yogyakarta menjadi kota budaya multikultural yang ramah, guyub dan rukun. Selain kegiatan – kegiatan rutin seperti bazar, pameran budaya, atraksi barongsai, karnaval kirab budaya, Jogja Dragon Festifal, panggung hiburan dan lomba karaoke pada tahun ini juga diadakan lomba tari serta baca cerita Mandarin dengan peserta pelajar SMP dan SMU.

Dalam penilaian festival tersebut “Guntur Naga Geni” Team barongsay yang dimainkan oleh anggota Yonarmed 11/1/2 Kostrad mendapatkan juara III. Pasi Intel Yonarmed 11/1/2 Kostrad Lettu Arm Soepriyanto selaku pembina harian team barongsay Guntur Naga Geni menuturkan “Kami mengucapkan terima kasih kepada panitia PBTY IX yang telah memberikan kepercayaan kepada satuan Yonarmed 11/1/2 Kostrad untuk mengisi acara Jogja Dragon Festival III ini, sehingga kami bisa berbaur dan menghibur masyarakat DIY dan sekitarnya.”

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Team Barongsay “Guntur Naga Geni” Yonarmed 11/1/2 Kostrad Tampil di Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta