TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tekan Pelanggaran Disiplin, Dittopad Gelar Pemeriksaan Surat dan Kendaraan Bermotor

By 21 Feb 2014 17:58Direktorat Topografi
rik kendaraan 2

Jakarta (21/2). Pencanangan program peningkatan disiplin personel TNI AD pada tahun 2014 telah dinyatakan sebagai salah satu kebijakan pimpinan TNI AD. Tujuannya adalah untuk menekan angka pelanggaran disiplin yang dilakukan oleh prajurit maupun PNS TNI AD, serta mengurangi kerugian personel dan materiil. Untuk itu, secara mendadak pada Kamis (19/2) Dittopad telah menggelar pemeriksaan (sweeping) internal atas kelengkapan surat-surat dan kondisi kendaraan bermotor yang digunakan anggotanya.

Kegiatan pemeriksaan dilaksanakan setelah apel pagi dengan cara membariskan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat, baik yang berplat dinas maupun berplat hitam. Ada lebih dari seratusan sepeda motor dan puluhan mobil diapelkan untuk dicek kondisi kelengkapannya, baik surat-surat kendaraan, perlengkapan helm, spion, lampu richting, kotak obat PPPK, kebersihan kendaraan dan lainnya.

Kabagpam Setdittopad Letkol Ctp Drs. Sutrisman dibantu personel Bagian Pengamanan dan regu Provoost Bagurdal Setdittopad memeriksa dengan cermat satu per satu surat-surat maupun kondisi kendaraan. Bagi siapa pun, baik itu Perwira, Bintara, Tamtama maupun  PNS Dittopad yang tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan secara sah, akan dicatat dan dibuatkan laporan pemeriksaan. Untuk kendaraan bermotor yang kondisinya kurang bersih/baik/lengkap, diminta untuk segera membersihkan, memperbaiki atau melengkapi sehingga layak jalan dan tidak melanggar UU Lalu Lintas.

Kegiatan semacam ini, sesungguhnya sudah dilaksanakan beberapa kali sebelumnya secara sporadis untuk memberikan terapi pendadakan bagi anggota Dittopad. Dengan cara ini, diharapkan timbul kesadaran bahwa setiap saat disiplin dan keselamatan berkendaraan di jalan raya menjadi hal sangat penting. Apalagi pimpinan TNI AD telah mengeluarkan kebijakan untuk menekan angka pelanggaran disiplin serta kerugian personel atau materiil (SBC-Dittopad).

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam XII/Tanjungpura Kodiklat Tips Kesehatan Dinas Penerangan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tekan Pelanggaran Disiplin, Dittopad Gelar Pemeriksaan Surat dan Kendaraan Bermotor