TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tentara Tanam Pohon Penghijauan di Gunung Kidul

By 25 Feb 2014 23:23Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

SENIN, 24 FEBRUARI 2014 – 21:55 Gunung Kidul, Seruu.com – Para anggota TNI dari Komando Daerah Militer IV Diponegoro, Jawa Tengah, menanam pohon penghijauan di kawasan batuan karst Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) IV Diponegoro Brigjen Ibnu Dermawan di Gunung Kidul, Senin, mengatakan bahwa penghijauan ini dalam rangka program “go green” untuk menyelamatkan ekosistem kawasan batuan karts.

“Dengan ini diharapkan ekspolitasi sumberdaya hayati serta penerapan teknologi yang tidak aman terhadap lingkungan hidup dan ekosistem bisa diantisipasi,” kata Ibnu.

Kasdam juga memberikan bantuan bibit pohon 5.148 batang kepada Pemerintah Gunung Kidul. Bantuan pohon diantaranya cemara, petai, mangga, kenanga, akasia, suren, jabon, jati dan trembesi untuk pencanangan program go green dikawasan karst Gunung Kidul.

Program go green ini, kata Ibnu, diharapkan mampu memberikan kontribusi positif menjadi daerah kurang subur dengan ketersediaan air mencukupi.

Saat ini, menurut Ibnu, pelestarian kawasan hijau yang cenderung mengalami penurunan kuantitas dan kualitas.

“Oleh karena itu perlu dilakukan secara konsepsional dengan mengutamakan kepentingan nasional dan daerah,”katanya.

Ibnu mengatakan pelestarian kawasan kritis seperti Gunung Kidul penting dilakukan untuk keseimbangan ekosistem. Kawasan hijau merupakan paru-paru kota yang sangat penting bagi kehidupan manusia,katanya.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi mengapresiasi langkah TNI mengupayakan penanaman pohon di kawasan karst ini.

Menurutnya, jika lingkungan tidak dipelihara memicu terjadinya bencana di antaranya, banjir dan tanah langsor.

“Untuk itu diharapkan, segera ditindaklanjuti denga program pelestarian lingkungan. Sayangi, rawat dan jaga karunia Tuhan,” kata Immawan. [Ant]

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tentara Tanam Pohon Penghijauan di Gunung Kidul