TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Tim Ekspedisi NKRI 2014 Diseminasikan Semangat Keutuhan NKRI

By 25 Feb 2014 23:36Kliping
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Untitled-4KEPALA Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman melepas peserta ekspedisi NKRI 2014 koridor Maluku dan Ma­luku Utara bertempat di Aula Sudirman Pusdikpassus Batujajar Kabupaten Bandung Barat, Jumat (21/2/2014).

Tim ekspedisi NKRI 2014 ini berjumlah 1.150 orang yang be­rasal dari personel TNI-Polri 674 orang, warga sipil 474 orang. Tim ekspedisi akan menjalan­kan tugas selama empat bulan (24 Pebruari – 20 Juni 2014). Kegiatan ekspedisi NKRI tahun 2014 koridor Maluku dan Ma­luku Utara mengangkat tema “Peduli dan Lestarikan Alam In­donesia.”

Bentuk kegiatan yang dilaku­kan terdiri dari penjelajahan hu­tan, gunung, rawa, sungai, laut dan pantai. Melakukan peneli­tian dan pendataan potensi flora, fauna, geologi, potensi ben­cana dan kerusakan hutan, ser­ta melakukan Komunikasi So­sial berupa sosialisasi gerakan pelestarian alam, reboisasi, wa­wasan kebangsaan, bakti sosial dan bantuan percepatan pem­bangunan daerah.

Dalam pengarahannya Kasad mengharapkan semua person­el yang terlibat dalam ekspedisi bisa memahami tugas masing-masing. Lebih lanjut diharapkan Tim ekspedisi menjaga kerjasama dan soliditas tim, bekerja penuh disiplin serta mendiseminasikan semangat cinta tanah air untuk menjaga keutuhan NKRI.

Kasad juga menekankan agar para peserta mampuberkomunikasi dan berkoordinasi de­ngan aparat terkait serta war­ga masyarakat di tempat eks­pedisi sehingga kegiatan ekspe­disi yang akan dilakukan tidak saja bisa berjalan lancar, tetapi bisa mencapai sasaran dan tu­juan secara optimal untuk ke­pentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Ekspedisi NKRI koridor Ma­luku dan Maluku Utara tahun 2014 terbagi dalam 8 Subkorwil terdiri dari : Subkorwil 1 Masohi di Kabupaten Maluku Tengah,Subkorwil 2 Tual di Kabupeten Maluku Tenggara, Subkorwil 3 Namlea di Kepulauan Buru, Subkorwil 4 Saumlaki di Kabu­paten Maluku Tenggara Barat, Subkorwil 5 Temate di Kabupa­ten Halmahera Barat, Subkorwil 6 Tidore di Kabupaten Halma­hera Tengah, Subkorwil 7 Tobelo di Kabupaten Morotai danHalmahera Utara, serta Sub­korwil 8 Labuha di Kabupaten Halmahera Selatan. Semua Sub­korwil tersebut menjadi Pos Ko­mando Taktis (Poskotis).

Ekspedisi koridor Maluku dan Maluku Utara tahun 2014 merupakan ekspedisi yang ke-4. Tiga ekspedisi NKRI sebel­umnya yang telah dilaksanakan adalah Ekspedisi NKRI koridor Bukit Barisan di Sumatera ta­hun 2011, Ekspedisi NKRI Khatulistiwa di Kalimantan 2012 dan ekspedisi NKRI koridor Su­lawesi tahun 2013.

Turut hadir pada acara pelepasan tersebut Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Lodewijk F. Paulus, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim, pejabat dari Kemenko Ke­sra, pejabat dari Kemenhut, ser­ta para pejabat terkait lainnya. (Pendam III/Slw), Sumber Koran: Pelita (25 Februari 2014/Selasa, Hal. 18)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XII/Tanjungpura Kodam XVI/Patimura Puspen TNI Kodam Iskandar Muda
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Tim Ekspedisi NKRI 2014 Diseminasikan Semangat Keutuhan NKRI