TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Yakinkan Transformasi Dukungan Topografi, Dirtopad Kunjungi Topdam XVII/Cenderawasih dan Topdam VII/Wrb

By 13 Feb 2014 20:10Direktorat Topografi
dirtopad kunjung12

Jakarta (11/2). Melanjutkan agenda kunjungan kerja ke satuan jajaran Topdam  awal TA. 2014, Dirtopad Brigjen TNI Ir. Dedy Hadria, MSc. melaksanakan kunjungan kerja ke Topdam XVII/Cend dan Topdam VII/Wrb selama 2 hari berturut-turut, yakni pada Senin (10/2) dan Selasa (11/2). Mendampingi Dirtopad dalam kunjungan kerja kali ini Kasubditbincab Ditttopad Kolonel Ctp Drs. Ibnu Fatah, MSc. dan Ibu Mufidah Dedy Hadria selaku Ketua Persit KCK Cabang XVI Dittopad PG Mabesad.

Sesuai dengan rencana kegiatan yang disusun, kunjungan kerja Dirtopad ke jajaran Topdam dilaksanakan dalam rangka memberikan pengarahan terkait evaluasi pelaksanaan program kerja TA. 2013 dan rencana program kegiatan pada TA. 2014. Kegiatan ini juga dimanfaatkan oleh Dirtopad untuk mensosialisasikan dan meyakinkan bahwa proses transformasi dukungan Topografi berjalan dengan baik, sesuai dengan arah kebijakan Pimpinan AD. Jajaran Topografi AD bertekad bahwa ke depan kemampuan dukungan teknis Topografi, baik mendukung fungsi pertempuran maupun fungsi pembinaan teritorial AD, harus meningkat dan lebih optimal.

Sebelumnya Dirtopad telah melaksanakan kunjungan kerja ke Topdam III/Slw pada akhir bulan Januari 2014 lalu. Dan secara bertahap sesuai dengan jadwal waktu yang telah disusun, kunjungan kerja ini berlanjut ke jajaran Topdam lainnya dan Pusdiktop Kodiklat TNI AD hingga bulan April 2014 nanti.

Mengawali rangkaian kunjungan kerja kali ini, Dirtopad beserta rombongan mengunjungi Topdam XVII/Cend pada Senin, 10 Februari 2014. Tiba di Bandara Sentani Jayapura, Dirtopad disambut dengan tarian tradisional Yospan sebagai ungkapan selamat datang khas masyarakat Papua. Rombongan Dirtopad kemudian melanjutkan perjalanan darat menuju kantor Topdam XVII/Cend di daerah Polimak Atas Jayapura. Kantor Topdam XVII/Cend kebetulan lokasinya menyatu dengan Markas Kodam dalam satu kawasan/kompleks. Memasuki Makodam XVII/Cend, Dirtopad menerima hormat jajar regu jaga sebelum akhirnya menerima laporan resmi Katopdam XVII/Cend bahwa satuannya siap menerima kunjungan Dirtopad.

Acara diawali dengan sambutan dan paparan singkat Katopdam. Setelah itu Dirtopad memberikan pengarahan umum kepada warga besar Topdam XVII/Cend, Pada sesi berikutnya, kepada para Perwira Topdam XVII/Cend Dirtopad memberikan pengarahan secara khusus terkait dengan Pembinaan Satuan (Binsat) dan agenda transformasi dukungan teknis Topografi. Rangkaian acara kunjungan ditutup dengan makan siang bersama Dirtopad dan Ibu Mufidah Dedy Hadria dengan seluruh warga besar Topdam XVII/Cend.

Sementara untuk kunjungan Dirtopad ke Topdam XVII/Wrb di Makassar Sulsel dilaksanakan esok paginya, Selasa 11 Februari 2014. Turut mendampingi Dirtopad, Ketua dan 2 Pengurus Persit KCK Cabang XVI Dittopad PG Mabesad serta Kasubditbincab Dittopad Kolonel Ctp Drs. Ibnu Fatah, MSc. Di kantor Topdam VII/Wrb Dirtopad dan rombongan disambut oleh Katopdam VII/Wrb Kolonel Ctp Drs. Satriya Wardana dan staf, Anggota Persit serta warga besar Topdam VII/Wrb.

Dalam paparan laporan satuan, Kolonel Ctp Drs. Satriya Wardana melaporkan  kondisi satuan yang dipimpinnya. Salah satu yang menonjol adalah kondisi pangkalan kantor Topdam VII/Wrb saat ini yang sangat representative dengan fasilitas bangunan yang bagus dan cukup lengkap. Terletak di Jl. Garuda No. 2 Makassar, Matopdam VII/Wrb memiliki fasilitas bangunan Aula, ruang kerja, Gudang  Mattop bahkan Musholla yang sangat memadai. Bahkan ada bangunan yang dimanfaatkan untuk kegiatan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bagi warga Topdam dan masyarakat sekitarnya. Pada kesempatan tersebut Dirtopad juga melihat langsung kondisi Gudang Mattop yang digunakan untuk menyimpan alat peralatan survey pemetaan dan peta-peta Topografi.

Sama dengan pengarahan sebelumnya, Dirtopad memberikan materi yang meliputi evaluasi pelaksanaan program kerja TA. 2013, rencana program kegiatan pada TA. 2014, penekanan kegiatan Binsat serta transformasi dukungan Topografi. Menyinggung tentang agenda transformasi dukungan Topografi, Dirtopad memberikan penekanan pada aspek organisasi, personel, peralatan, dan produk topografi sebagai pedoman bagi satuan jajaran Topdam dalam membuat saran masukan ke Pangdam masing-masing Satu hal terpenting transformasi dukungan Topografi ke depan adalah peningkatan kemampuan Topdam untuk melaksanakan survey pemetaan secara utuh dan mandiri, dari sejak survey pengumpulan data hingga pencetakan produk peta (SBC-Dittopad)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Yakinkan Transformasi Dukungan Topografi, Dirtopad Kunjungi Topdam XVII/Cenderawasih dan Topdam VII/Wrb